Kembalilah Ke Ajaranmu

ilustrasi

Oleh : Arya Hadi Darmawan

Me-refresh (menajamkan kembali) akhlak tenggang rasa, kehati-hatian, empati, dan kewaspadaan, sebagaimana ajaran agama.

1. Lalai

Para pelanggar PSBB sungguh sejatinya sedang lalai atau bisa jadi sedang abai pada akhlak untuk menghargai warga lainnya. Padahal kode-etik atau moral atau akhlak menenggang rasa & menghargai sesama sudah lama diajarkan oleh agama-agama besar di dunia.

Para pelanggar PSBB sedang lalai sehingga lupa berempati kepada mereka yang kini menderita menganggur, karena usahanya tutup. Ataupun, lalai berempati pada anak-anak sekolah yang belajar di rumah dengan segala keterbatasannya. Pun mereka lupa untuk menghargai dokter-dokter dan tenaga-tenaga kesehatan yang telah wafat terpapar covid 19 karena mengurus para pasien corona.

2. Serius

Covid 19 adalah soal paling serius di dunia sejak Perang Dunia (PD) II yang menghempaskan perekonomian di planet bumi. Krisis sosial-ekonomi tahun 2020 setara dengan dampak PD II (1939-1945) dimana semua negara tersungkur. Timbunan keprihatinan begitu mencekat dan menjerat pada dua titik waktu tersebut.

3. Refreshing (menajamkan kembali) akhlak tenggang rasa, empati, kehati-hatian, dan waspada via 3M (masker, mencuci tangan, menjaga jarak).

Sebelum terlambat menjadi lebih parah karena pelanggaran demi pelanggaran PSBB. Tak salah bagi setiap warga untuk merendahkan dan melembutkan hati kembali. Rendahkan hati untuk urungkan niat melanggar PSBB. Kembali berdisiplin dan mawas diri terhadap covid 19 adalah bagian dari akhlak mulia.
a. Dengan melaksanakan 3M anda menajamkan akhlak tenggang rasa kepada sesama.
b. Dengan 3M anda menajamkan akhlak kehati-hatian pada diri sendiri dan keluarga.
c. Dengan 3M anda menajamkan akhlak empati kepada orang lain.
d. Dengan 3M anda menajamkan akhlak kewaspadaan pada lingkungan.

Dengan semua akhlak/moral itu mudah-mudahan, anda dan orang sekitar anda terjaga dari resiko kematian akibat covid 19. Semoga dengan akhlak/moral tenggang rasa, empati, kehati-hatian, kewaspadaan via 3M, maka perekonomian segera pulih kembali. Keceriaan yang setahun ini hilang, semoga segera datang kembali.

Akhlak bukan untuk dihafalkan atau hilang setelah diceramahkan.

Dia harus diterapkan.

Salam pagi...
Arya H Dharmawan

Thursday, November 19, 2020 - 10:30
Kategori Rubrik: