Kematian Bisa Disebabkan Oleh Selain Covid

ilustrasi
Oleh : Reno Risanti Amalia
 
Innalillahi wa innailaihi roji'un, turut berduka cita atas berpulangnya Almarhum Bapak Saifullah, Sekda DKI Jakarta. Semoga amal ibadah almarhum diterima di sisiNya dan diampuni segala dosa-dosanya.
Memperhatikan pemberitaan oleh media yang dibagikan berikut ini, saya sangat mengapresiasi bagaimana media tersebut memberitakan dengan transparan dan lengkap tentang kemungkinan penyebab berpulangnya Bapak Saifullah. Disebutkan bahwa selain beliau positif Covid-19, ia juga menderita penyakit asam lambung dan juga jantung.
Ini berarti banyak sekali untuk para pembaca, bahwa penyebab kematian tidak melulu Covid-19; dalam kasus Bapak Saifullah, mungkin saja Covid-19 hanya sebuah data pelengkap sehingga masuk dalam surveillance probable alih-alih sebagai penyebab utama.
Hal yang seperti ini harus senantiasa diinformasikan oleh media, agar pemberitaan yang terlalu condong dan cenderung menutupi kebenaran tidak menguasai pikiran masyarakat dan menyebabkan kepanikan dan penurunan imunitas tubuh. Seyogyanya, pola pemberitaan seperti sebelum-sebelumnya, misal "Tertimpa pohon, seorang dari daerah A meninggal dengan hasil swab positif Covid". Judul berita semacam ini merancukan informasi dan membodohi masyarakat, dan harus segera ditinggalkan.
Semoga ke depannya akan semakin menurun angka kematian sebagai terlapor Covid-19 dengan semakin jelasnya penyebab-penyebab kematian yang sebenarnya.
 
Sumber : Status Facebook Reno Risanti Amalia
Saturday, September 19, 2020 - 12:00
Kategori Rubrik: