Kekuatan Militer Indonesia No-15 di Dunia

 

Oleh: Muhammad Jawy

 

Meskipun belanja militer Singapura lebih besar secara nominal (otomatis juga persentase GDP, karena GDP Singapura di bawah Indonesia), tetapi bukan berarti Indonesia lemah di mata Singapura.

Nggak ada cerita Singapura bisa merusuhi Indonesia secara militer, apalagi menginvasi. Mereka mungkin bisa merontokkan pesawat kita, tetapi mereka akan kewalahan menghadapi pasukan darat dan laut kita. 

 

 

Di era sekarang ini, sangat sulit kita akan menduduki lagi negara lain (seperti dulu kita menginvasi Timor Leste), karena lawannya bukan hanya negara yang diduduki, tetapi respons koalisi internasional. Iraq hancur karena nekad menduduki Kuwait di tahun 1990.

Tetapi negara manapun akan mikir berat kalau ingin menyerang Indonesia. Indonesia dikenal sebagai negeri yang punya prinsip bela negara dengan sistem Hankamrata, yang tidak hanya mengandalkan TNI, tetapi juga melibatkan rakyat semesta. Terlebih tentara kita sejak negara berdiri sudah terlatih melakukan perang gerilya.

Misalnya China kalap atas Laut Natuna Utara, dan mereka mengalahkan armada angkatan laut kita, tidak berarti mereka bisa mudah menginvasi Indonesia. Kita ini negara dengan 250 juta jiwa. Seberapa besar sebuah negara bisa mengerahkan pasukan untuk menginvasi Indonesia? Apalagi negara yang lebih kecil seperti Australia, Malaysia, dan tetangga kita yang lain.

Yang patut kita khawatirkan justru adalah invasi dalam bentuk lain, baik itu ekonomi, ataupun ideologi dalam bentuk proxy war. Menyesatkan orang kita sendiri untuk diadu domba dan memicu konflik horizontal. Apalagi di jaman hoax merajalela. Bukan fisik yang ditarget, cukup pikiran orang dibuat gila dengan dihajar hoax dan fitnah tak berkesudahan.

(Sumber: facebook Muhammad Jawy)
Sunday, March 31, 2019 - 23:15
Kategori Rubrik: