Kekuatan Alutsista TNI Angkatan Darat Semakin Kuat

Oleh: Muhanto Hatta

Kekuatan alutsista TNI Angkatan Darat (TNI-AD) semakin kuat dengan datangnya delapan helikopter Apache AH-64. Helikopter Apache AH-64 merupakan heli tercanggih di dunia. Secara khusus Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu berharap dengan datangnya heli di bawah komando TNI AD, dapat memperkuat kedaulatan NKRI, khususnya di wilayah darat. Berikut kecanggihan helikopter Apache AH-64 yang dimiliki TNI-AD:

Dilengkapi dengan senjata super canggih.
Helikopter Apache sendiri dilengkapi tiga jenis persenjataan. Pertama, canon kaliber 30 milimeter yang memiliki jarak efektif 1.500 meter dan jarak maksimal 3 km. Kedua, roket hydra 2,75 inci dengan jarak efektif 3 km sampai 5 kilometer dan jarak maksimum 7 km, serta memiliki jarak mematikan (lethality distance) 20 meter. Ketiga, misil AGM 114/R Hellfire yang memiliki jarak efektif sampai delapan meter dan mampu menghancurkan sasaran tank, baik bergerak maupun diam.

Dibekali teknologi canggih.
Apache AH-64E dibekali teknologi dan kemampuan yang super canggih seperti Radar Longbow dan Multi Target Acquisition and Designation System (MTADS). Radar Longbow adalah sistem radar yang ada di baling-baling Apache. Sistem radar ini memiliki radar kendali tembak dan radar indentifikasi frekuensi. Persenjataan yang digunakan adalah peluru kendali AGM-114 Hellfire, Roket Hydra 70, AIM-92 Stinger, Aim-9 Sidewinder, dan Kanon M 230.

Bisa melihat objek dalam kondisi apapun.
Selain memiliki kecanggihan dan teknologi yang dipakai, Helikopter Apache juga memiliki perangkat yang dapat melihat dan mengetahui informasi objek dalam kondisi gelap. Helm pilot juga dapat mengatur arah senjata M 230 tanpa mengubah arah helikopter.

#MDKnews # #alutsista #helikopter #TNI #apache

Sumber: facebook Muhanto Hatta

Thursday, May 24, 2018 - 13:45
Kategori Rubrik: