Kekeliruan Somad Tentang Ahlulbait, Itrah dan Dzuriyat,

Ilustrasi

Oleh : Malik Indra Aji

Apa yg dibawakan oleh Somad tentang hadis Tsaqolain dalam Video dibawah ini, adalah benar. Karena bagaimana mungkin Somad bisa mengelak dari hadis shahih ini sementara 3 Imam mazhab Sunni (Hanafi, Syafi'i dan Hambali) serta 6 Shahih Kutubus Sittah telah menegaskan bahwa Itrah Ahlulbait inilah yg harus diikuti, sedangkan hadis Kitabullah dan Sunnati adalah hadis dhaif.

Kesalahan fatal Somad dalam membawakan hadis Tsaqolain dalam video tersebut adalah :

1. Somad bicara bahwa hadis Kitabullah dan Sunnati yang hanya dibawakan oleh Imam Maliki tidak salah karena berkesesuaian dengan hadis Itrah Ahlulbaiti.
Darimana tidak salahnya? Sedangkan ulama2 besar rijal Sunni Sendiri menegaskan bahwa dalam kitab Muwatta' karya Imam Maliki yg menuliskan hadis Kitabullah dan Sunnati adalah Dhaif karena riwayatnya Mursal (Terputus).

2. Somad menganggap bahwa Itrah Ahlulbait ini adalah Habaib (Dzuriyah), padahal hal ini keliru besar, karena sebenarnya Itrah Ahlulbait itu berbeda dengan Habaib (Dzuriyah).

Ahlulbait : Imam Ali, Sayyidah Fatimah, Imam Hasan dan Imam Husain (Surat Al-Ahzab 33 dan Hadis Al-Kisa')

Itrah : Imam Ali Zainal Abidin, Imam Muhammad Al-Baqir, Imam Ja'far Ash-Shadiq, Imam Musa Al-Kadzim, Imam Ali Ar-Ridha, Imam Muhammad Al-Jawad, Imam Ali Al-Hadi, Imam Hasan Al-Askari dan Imam Muhammad Al-Mahdi (Surat An-Nisa' 59, surat Ali-Imran 103 dan hadis Tsaqolain serta hadis Safinah)

Dzuriyah : keturunan Nabi Muhammad saww dr jalur nasab keturunan Imam Hasan as dan Imam Husain as.

Tidak ada sama sekali hubungannya antara Itrah Ahlulbait dengan dzuriyah dalam hadis Tsaqolain seperti yg diucapkan oleh Somad.

Jadi kesimpulannya bahwa si Somad bicara hadis shahih pun, penafsirannya juga kacau balau. Padahal katanya lulusan S2 Maroko jurusan ahli Hadist ya...

Sumber : Status Facebook Malik Indra Aji

Monday, January 1, 2018 - 15:00
Kategori Rubrik: