Kedamaian Usai Pilkada Jatim, Belajar Berjiwa Besar dari Gus Ipul-Mbak Puti

Oleh : Yusuf Muhammad

Pemilihan calon Gubernur dan calon wakil Gubernur telah usai, dan alhamdulillah pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak kali ini telah berjalan aman, tertib dan damai.

Di Jawa Timur (Jatim), pasangan Gus Ipul - Puti kalah dari pasangan Bu Khofifah - Emil Dardak. Namun usai pemilihan, kedua pasangan tersebut menunjukkan kelasnya dengan menjalin kebersamaan yang damai pasca "quick count" yang dilakukan oleh beberapa lembaga survei.

Gus Ipul yang kalah dengan legowo mengucapkan selamat kepada Bu Khofifah dan Emil Dardak sebagai pemenang dalam pemilihan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Jawa Timur 2018. Bu Khofifah dan Emil sebagai pemenangpun tak jumawa atas kemanangan yang diperolehnya. Bu Khofifah justru akan mengundang Gus Ipul untuk makan bareng dalam waktu dekat.

Pasangan Gus Ipul dan Bu Khofifah juga sempat menyanyi bersama dalam acara "Doa Bersama Guyub Rukun" yang juga dihadiri warga Jatim yang terdiri dari pendukung Gus Ipul dan pendukung bu Khofifah. Acara yang disaksikan oleh Emha tersebut digelar guna mempersatukan warga Jatim ketika usai menjalankan pesta demokrasi yang diadakan setiap 5 tahun sekali. Tampak saat nyanyi bersama, Gus Ipul berpelukan dengan Emil Dardak, begitu juga dengan bu Khofifah yang bergandengan tangan serta berpelukan dengan mba Puti.

Baik Gus Ipul maupun Bu Khofifah telah sadar bahwa pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur telah usai, dan saatnya kini rakyat Jawa Timur harus kembali bersatu bersama - sama membangun Jawa Timur agar lebih maju dan makmur. Sungguh sikap kesatria dan pengayom telah ditunjukkan oleh dua tokoh negarawan di Jawa Timur. Suasana aman dan damai telah terwujud di Jatim.

Apa yang dilakukan oleh Gus Ipul - mba Puti dan Bu Khofifah - mas Emil layak untuk menjadi contoh serta pembelajaran politik bagi rakyat di Indonesia. Hal ini juga menandakan bahwa Jatim layak dinobatkan sebagai pilkada terbaik di Indonesia.

Selamat buat bu Khofifah dan mas Emil Dardak atas kemenangannya, semoga amanah. Buat Gus Ipul dan mbak Puti, salam hormat dari saya, kalian adalah manusia berjiwa besar dan luar biasa.

Salam damai dariku,
Yusuf Muhammad

Saturday, June 30, 2018 - 13:15
Kategori Rubrik: