Kebersamaan dalam Keberagaman di Negeri Ini Masih Ada

Oleh: Rudi S Kamri

Ada cerita yang sangat mengharukan. Beberapa hari lalu seorang perawat (tenaga medis) yang beragama Islam di Ambon terpapar Covid-19. Pada saat mobil ambulance yang membawanya menuju ke kampung halaman di Pulau Seram melalui sebuah kampung yang mayoritas beragama Kristen, penduduk kampung itu memaksa mobil ambulance untuk berhenti karena mereka ingin mendoakan perawat tersebut. 

Lalu penduduk kampung dengan takzim dan sederhana berdoa menurut ritual keyakinan mereka.

 

Apa yang mereka lakukan adalah bentuk penghormatan kepada sosok tenaga medis yang merupakan pahlawan corona dan pejuang kemanusiaan. Perawat itu memang layak mendapat penghormatan seperti itu. Namun yang membuat saya tersentuh adalah dalam kesederhanaan para penduduk kampung Kristen itu telah menunjukkan kepada kita sikap toleransi dalam keberagaman yang hakiki.

Inilah warna Indonesia yang sebenarnya. Meskipun bukan saudara seiman, kita semua adalah saudara dalam kemanusiaan. Kita saudara sebangsa dan setanah air: Indonesia. Kita semua harus belajar esensi toleransi dari saudara- saudara kita di kampung Kristen tersebut.

Bagi saya ini adalah sebuah oase di tengah maraknya intoteransi yang akhir- akhir menyebar ganas seperti virus corona di negeri ini. Saat kemuliaan agama dikotori kepentingan kekuasaan oleh kelompok tertentu.

Salam SATU Indonesia

 

(Sumber: Facebook Rudi S Kamri)

Saturday, May 16, 2020 - 05:15
Kategori Rubrik: