Kawal Petamburan

ilustrasi

Oleh : Karto Bugel
.

Kisah Pengantin Pandemi menunjukkan geliat positif. Gelar perkara penyidik ditreskrimum Polda Metro telah menaikan status dari penyelidikan ke tingkat penyidikan.

Ada konsekuensi logis dengan menigkatnya status menjadi penyidikan yakni penyidik memiliki kewenangan membawa paksa bila panggilan tak diindahkan hingga 2 kali. Bukan cerita kaleng-kaleng, ini tentang kewenangan hukum yang memberi nilai lebih pada sahihnya surat undangan.

Hari ini, undangan pemeriksaan terhadap MRS dilayangkan. Selasa tanggal 1 Desember, yang bersangkutan ditunggu kehadirannya untuk diminta keterangannya oleh penyidik.

"Bukannya dia sudah kabur? Trus kenapa polisi tidak mencarinya?"

Kabur dari rumah sakit jelas bukan urusan Polisi. Kabur dari rumah sakit bukan peristiwa pidana sampai adanya laporan kerugian dimana indikasi dugaan tindak pidana secara subyektif dipegang oleh penyidik.

Ada prosedur yang harus dilalui terlebih dahulu seperti harus ada laporan dan bukti kerugian rumah sakit misalnya.

Panggilan untuk hari selasa nanti adalah perkembamgan atas klarifikasi banyak pihak yang sudah dilakukan penyidik sejak diselidikinya perkara keramaian di Petamburan pada acara pernikahan putrinya dimana diduga ada pelanggaran tindak pidana.

Panggilan pertama adalah tanda dimulainya proses penyidikan. MRS tak lagi punya celah melintir kanan, melintir kiri. Dia hanya punya pilihan datang ketika dipanggil bersaksi atau dijemput paksa.

Dia tak datang hingga panggilan ketiga misalnya, perintah membawa akan disertakan dalam surat panggilan itu. Tak ditemukan dirumahnya pada panggilan ke tiga, penyidik akan mengeluarkan surat DPO dan siapapun yang berseragam polisi bila melihat orang tersebut, wajib hukumnya menangkap. Itulah prosedur bakunya.

Sejak saat ini, dia bukan lagi pribadi kebal hukum seperti selama ini dia merasa. Hukum telah memberi harapan pada kita bahwa saya, anda bahkan sikebal hukum itu sama didepan hukum.

Selasa 1 Desember, adalah saat kita harus konsisten mengawal dan mengawasi proses hukum ini agar masa depan hukum kita tak lagi terombang ambing oleh kelakuan tak pantas pribadi yang selama ini kita anggap selalu kebal.

Mari kita buktikan bahwa suara kita, kepedulian kita selama beberapa lama ini tidak sia-sia dengan mata dan telinga kita mengarah ke Polda Metro Jaya.

Hormat kita pada Kapolda yang baru, karena telah berhasil memberi harapan yang lama sudah hampir sirna.

Prosesnya akan panjang, karena memang demikianlah aturan dibangun. Panggilan pertama hingga ketiga dan penentuan tersangka hingga pada penuntutan dimana Kejaksaan terlibat, akan butuh waktu panjang dan melelahkan.

Jangan pernah capai. Bantu penyidik percaya diri bahwa rakyat mendukung proses ini.

Kita buktikan bahwa negara dibawah Jokowi tak tunduk oleh kekuatan besar yang selama ini kita pikir selalu kalah.
.
.
RAHAYU
.
Sumber : Status Facebook Karto Bugel

Wednesday, December 2, 2020 - 09:00
Kategori Rubrik: