Katanya New Emerging Disease

ilustrasi

Oleh : Agni B Sugiyamto

Itu lowh virus baru, imun kita belum kenal.. Kenytaannya virus ini bisa dikenali kok, karena bisa kros reaksi dengan SARS pendahulu, dan virus corona manusia lain yang bikin bapil (HCoV). Eh virus ini juga kros reaksi dengan virus DENV kok, iya itu yang bikin demam berdarah. Artinya, adanya proteksi parsial dari virus ini, gak rentan rentan amat atuh..

Katanya Ro nya tinggi..

Itu lowh tingkat "penularannya tinggi" sehingga terjadi EXPONENTIAL GROWTH, dan walaupun kematian kecil tapi karena kasusnya membludak diprediksi akn ada 10 juta kematian TERKAIT COVID (bukan hanya KARENA ya tapi juga DENGAN covid). Itu prediksi berapa bulan yg lalu.. Gak terbukti kan yah.. Kematian terkait (ingat.. bukan semata KARENA tapi DENGAN) covid masih jauh dari prediksi ngawur itu..

Katanya COVID seribu wajah..

Iyalah semua penyakit yang menyebabkan badai sitokin dan kelainan imun itu seribu wajah.. Eh penyakit TB juga bisa seribu wajah kok pada orang yang imunnya sangat terganggu..

Katanya penyakit covid menyebabkan KERUSAKAN permanen..

Iya bisa.. Kalau kondisinya begitu parah.. Imunnya begitu jelek sehingga terjadi berbagai MOF (multiple organ failure/kerusakan berbagaiborgan).. Tapi ingat, penyakit lain sebabkan hal yang sama kok.. Seperti kelainan autoimun, infeksi berat dari berbagai penyebab, juga diabetes walau bukan termasuk infeksi menular.

Pasien yang saya rawat 16 hari di RS, kemaren kontrol baik baik saja kok.. Gak seperti gambaran mengerikan yang disajikan oleh media.. Pasien ini bener bener tampak dan merasa kembali seperti sedia kala.

Oiya, katanya KLASTER rumah tangga berbahaya.. Eh malah sekarang pada dirumahkan semua 

Kita tau sendiri lah lockdowns dan PSBB itu dampaknya luar biasa. Tedros sendiri pun mengakui bahwa lockdowns bukan solusi jangka panjang. Bukan hanya masalah ekonomi makro dan mikro yang hancur, tapi meningkatnya kematian penyakit lain seperti tuberkulosis yang menjadi kurang terdeteksi dan bisa jadi kurang terlayani. Oiya, kasus kematian karena bunuh diri juga jauh meningkat..

Sudah berjalan hampir 7 bulan.. Masak solusinya masih itu juga.. PSBB 

Sumber : Status Facebook Agni B Sugiyamto

Tuesday, September 15, 2020 - 09:30
Kategori Rubrik: