Kamera HP Bisa Jadi Penjaramu

ilustrasi
Oleh : Sherly Shansristan
 
Jaman now, kita semua pasti punya HP. Dan saya yakin HP merk apapun, pasti sudah dilengkapi dengan kamera video. Tentu ini menjadi pisau bermata dua. Tanpa kontrol diri yang baik, kita akan begitu mudah untuk jeprat-jepret serta merekam apapun dan siapapun tanpa ijin! Lalu kemudian tanpa ijin pula dari yang bersangkutan, kita mempostingnya ke media sosial untuk dijadikan konten joke atau bahkan fitnah.
 
Kemarin saya melihat sebuah video di WA group yang ternyata sudah viral di FB. Sebuah video yang membuat saya miris sekaligus marah! Ada seorang wanita yang sedang sholat di masjid, setiap kali membungkuk maka kulit bahkan garis bokongnya terlihat. Wanita ini begitu khusyuk berdoa dan tidak sadar bahwa mukena bagian bawahnya longgar dan agak melorot.
 
Apa yang membuat saya miris? Karena ternyata yang merekam video ini adalah juga perempuan! Bagaimana bisa?! Apakah tidak terpikir jika suatu hari kancing bajunya terbuka tidak sengaja lalu ada yang merekam dan akhirnya menjadi viral? Bagaimana perasaannya ditelanjangi oleh kamera dan dilihat oleh ribuan bahkan mungkin jutaan pasang mata? Damn!
 
Apa yang membuat saya marah? Karena sambil merekam, perempuan itu tertawa cekikikan sambil bilang “lucu banget sih” lalu cekikikan lagi dan dilanjutkan dengan mengatakan “Astaghfirullah Al Adzim ya Allah”. Bagaimana bisa?! Bagaimana bisa dia lebih memilih merekam daripada menghampiri wanita yang sedang sholat itu untuk memperbaiki mukenanya? Bagaimana bisa perempuan itu membuat joke jahat sambil menyebut nama Tuhan di dalam rumah ibadah? Damn!
Wahai netizen...jangan begitu mudah memfoto dan merekam apapun yang kita anggap sebagai joke tapi sebenarnya sedang mempermalukan orang lain. Hati-hati dengan niat isengmu! Karena jika orang yang bersangkutan tidak terima, maka siap-siaplah kamu berurusan dengan hukum! Dan ketika hasil foto atau video isengmu yang mempermalukan orang lain itu akhirnya menjadi viral, you can’t stop it anymore! Bergulunglah dosamu tanpa henti setiap kali orang yang kamu permalukan menjadi buah bibir secara negatif oleh netizen.
 
Wahai netizen...setiap dari kita berpeluang untuk menjadi korban selanjutnya dari para pengguna kamera HP yang iseng dan tidak tahu etika. Kita tidak sengaja terpeleset di mall, lalu direkam dan diviralkan! Kita sedang garuk-garuk ketek atau pantat, lalu direkam dan diviralkan! Kita tertidur dengan mulut ternganga di transportasi umum, lalu direkam dan diviralkan! Kancing baju atau celana lupa ditutup, lalu direkam dan diviralkan! Bahkan kita sedang bercanda mesra dengan saudara kandung pun, bisa direkam dan diviralkan dengan fitnah bahwa kita adalah LGBT. Sigh! 
 
So please help me! Bantu saya untuk share tulisan ini. Semoga para netizen bisa tersadarkan dan kemudian tidak menjadi pelaku iseng yang bisa berujung mendekam di penjara. Juga agar mereka tidak memupuk dosa tak berujung hanya karena sebuah niat. Niat iseng!
 
Sumber : Status Facebook Sherly Shansristan
Tuesday, June 4, 2019 - 18:15
Kategori Rubrik: