Kalian Bilang, Kalian Manusiawi?

Oleh: Denny Siregar
 

Sudah berapa lama kami kalian jual ? Belasan tahun ? Puluhan tahun ?

Kami sampai tidak lagi mengenal mana kehidupan nyata dan mana yang mimpi. Di sekeliling kami tumbuh gedung2 tinggi dan kami tetap seperti ini. Hanya kami yang tidak tumbuh di Jakarta ini.

Kalian bangga dengan situasi kami. Mental kami hancur sampai kami tidak tahu lagi bagaimana rasanya berjuang. Kehancuran kami kalian pelihara dengan kata2 "mereka memang lebih baik di tempat itu". Sampai akhirnya kami sendiri percaya dengan kebohongan yg kalian ucapkan berulang2 bahwa memang kami lebih baik di tempat ini.

Jadi jangan salahkan kami ketika kami akhirnya menjadi pengeluh. Jangan salahkan kami ketika kami menjadi pengemis. Jangan salahkan kami ketika kami menjadi manusia yg kurang bersyukur. Kalian-lah yang bertahun-tahun membentuk kami seperti sekarang ini. Kalian... Bukan kami.

Dan kalian mau ulangi lagi kebohongan itu ? Berpura2 tidur di tempat kami semalam hanya utk merasakan apa yg berpuluh tahun kami rasakan ? Mencoba simpati pada kami hanya saat musim ketika kalian ingin menjabat ?

Kalian sebut yang memindahkan kami ke tempat layak sebagai orang yg tidak manusiawi. Hei, kalian... Kalian lah dengan kemunafikan kalian dan pembiaran terhadap kemiskinan kami, kebodohan kami, ketidak-layakan hidup kami itulah yang sebenar2nya tidak manusiawi.

Kalian kira kekumuhan kami itu hanya sekadar sejarah ? Kalian kira kami ini budaya ?

Kami ini manusia ! Perlu kami teriakkan sekali lagi ? Kami ini manusia ! Sama seperti kalian !

Semoga Tuhan mengampuni jiwa kalian yang terus menerus menjual kami dengan kata2 " rakyat kecil yang tertindas", karena sesungguhnya kalian lah yang menindas kami dengan pola pikir kalian itu.

Entah mana yang lebih bodoh, Kalian atau Kami ??

 

(Sumber: Facebook Denny Siregar)

Thursday, April 14, 2016 - 20:30
Kategori Rubrik: