Kala Presiden Menitikkan Air Mata

ilustrasi

Oleh : Muhanto Hatta

Kala Jokowi Terdiam dan Menitikkan Air Mata di Depan Rakyat di Sentul

Ada hal menarik di sela-sela pidato Jokowi dalam event ‘Konvensi Rakyat’ di Sentul International Convention Centre, Minggu 24 Februari 2019.

Jokowi sempat berhenti begitu lama dalam orasinya. Ia terhenti, terdiam, dan dia menghapus sesuatu di bagian alis dan matanya.

Jokowi terlihat terdiam sejenak entah apa yang dia pikirkan.

Ia terdiam sejenak seperti hendak meneteskan air mata.

Di tengah sorak sorai massa yang hadir menggelorakan gedung malam itu, Jokowi tertunduk dan mengelap entah apa yang dia lap dari wajahnya.

Tampaknya yang dilap itu bukan keringat. Dari layar kaca, tampak ia ingin menangis di hadapan khalayak umum. Jokowi tampak ingin berbagi rasa dengan orang-orang. Jokowi ingin menangis.

Dengan wajah yang seakan terlihat lelah, dia tak mau terlihat pesimistis di hadapan rakyat Indonesia. Dengan semangat dalam dirinya dia bangkitkan jiwa-jiwa yang penuh optimisme, inovasi, konsistensi, kritis dan memiliki tekat kuat yang terpendam terkubur lama selama ini.

Lama Jokowi terdiam di atas podium. Tiba-tiba kalimat yang kuat keluar dari tenggorokannya yang kekar berbunyi lantang.

“Nah, nah jika ada penerima konsesi besar yang mau mengembalikan ke negara, saya tunggu sekarang,” kata Jokowi.

Pemerintah, kata Jokowi, telah membagikan konsesi lahan seluas 2,6 juta hektare dari total 12,7 juta yang disiapkan. Jokowi mengklaim ini adalah konsesi tanah untuk rakyat, konsensi tanah untuk rakyat kecil.

Jokowi sempat menghentikan pidatonya saat itu karena riuh para massa yang hadir berteriak kencang, “Balikin… balikin… balikin…”

“Dan lahan itu akan saya bagikan untuk rakyat kecil,” ucap Jokowi seraya mengatakan masih banyak rakyat yang membutuhkan.

Jokowi kembali terdiam. Dari sorot matanya yang tajam, ada cahaya yang berbinar binar hendak jatuh dari pelupuk matanya.

Jokowi menahan diri. Ia tak hendak menyerang seseorang. Tapi Jokowi menegaskan, ia selalu siap berbuat yang terbaik untuk rakyat.
#OptimisIndonesiaMaju

Sumber : Status facebook Muhanto Hatta

Wednesday, February 27, 2019 - 08:45
Kategori Rubrik: