Kabinet

Oleh: Eko Kuntadhi

 

Pelantikan Presiden dan Wapres terpilih sebentar lagi. Setelah itu akan ada pelantikan kabinet. Nama-nama menteri beredar, dengan komposisi yang seru. Tentu saja semuanya adalah spekulasi. Modalnya gotak-gatuk.

Namaa Fadli Zon juga ikut disebut-sebut. Ini sesuai dengan kecenderungan Gerindra yang sudah terasa bermesra-mesra dengan PDIP dan Jokowi. Ada juga nama Fahri Hamzah, tapi kayaknya Fahri bukan di posisi Menteri. Mungkin akan jadi orang istana. Misalnya, KSP.

 

Yang seru jika Prabowo Subianto juga masuk kabinet. Misalnya menduduki Menhan menggantikan Ryamizard. Seru juga sih. Jenderal bintang tiga nanti akan mengoordinir para Jenderal bintang empat. 

Untuk posisi Menteri Ekonomi Digital terdengar nama bos Gojek, Nadiem Makarim. Kementerian ini naik kelas dari sekadar lembaga. Sedangkan Mahfud MD namanya santer disebut sebagai Menteri Agama. 

Menteri-menteri lama juga sepertinya banyak yang masih ikut. Basuki Hadimulyo misalnya, besar kemungkinan masih akan disertakan sebagai Menteri PU dan Perumahan. Ada juga Budi Karya, yang sepertinya memungkinkan untuk tetap masuk dalam kabinet.

Untuk urusan luar negeri ada Retno Marsudi yang kayaknya akan membawahi Menlu dan Perdagangan LN. Iya, Menteri Luar Negeri akan disatukan dengan Dirjen Perdangan Luar negeri. Mungkin tujuannya agar lobby internasional kita lebih difokuskan untuk ekonomi.

Moeldoko katanya akan memegang posisi sebagai Menko Polhukam. Luhut (LBP) juga sering disebut, posisinya tetap Menko Maritim.

Bagaimana dengan Rijik? Oh, tokoh yang satu ini posisinya gak berubah. Tetap sebagai pelarian di Saudi.

 

(Sumber: Facebook Eko Kuntadhi)

Friday, October 18, 2019 - 01:30
Kategori Rubrik: