Joni Si Bocah Pemanjat Tiang Bendera Diterima Presiden di Istana

REDAKSIINDONESIA-Yohanes Ande Kala alias Joni, siswa SMP asal Desa Silawan, Nusa Tenggara Timur, yang melakukan aksi heroik memanjat tiang bendera, akhirnya bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Joni hadir di Istana Negara, Senin (30/8/2018) siang, dalam agenda silaturahmi Presiden dengan para teladan nasional, pasukan pengibar bendera pusaka, dan gita bahana nasional.

Ia mengenakan baju seragam putih biru SMP, dipadukan dengan kain khas NTT. Joni duduk di meja bundar paling depan bersama Tarissa Maharani, Anggota Paskibraka yang bertugas membawa baki saat upacara pengibaran bendera di Jakarta. Selain itu, duduk di meja tersebut dua teladan nasional. Sementara itu, orang tua Joni juga hadir namun duduk di meja yang terpisah. Keduanya duduk di meja nomor dua dari depan bersama para Paskibraka lain.

 

Joni merupakan pelajar kelas 1 SMP Negeri Silawan, Belu, Nusa Tenggara Timur. Saat upacara bendera 17 Agustus lalu, dia memanjat tiang bendera. Aksi spontan itu dia lakukan setelah tali yang akan digunakan untuk mengikat bendera terlepas dan tersangkut di ujung tiang bendera. Aksi nekat Joni langsung viral di medsos.

Joni sempat diminta maju menceritakan soal aksi nekatnya.

 
Berikut percakaan Joni dengan Presiden:
 
Presiden: Kenapa berani sekali?
Joni: Jadi begini ceritanya Pak, waktu itu saya sedang sakit perut dan disuruh istirahat. Tiba-tiba Saya mendengar suara Wakil Bupati Belu yang menanyakan siapa yang bisa memanjat tiang bendera.
 
Presiden: Jadi langsung berlari dan membuka sepatu untuk naik ke tiang bendera. 
 
Presiden: Kamu Yakin? 
Joni: Yakin 
 
Presiden: kok baru setengah kamu sudah berhenti
 
Joni: Saya capek Pak
 
Presiden: Kamu punya keyakinan?
Joni: Yakin
 
Presiden: Kenapa?
Joni: Sudah biasa panjat pinang sebulan sekali, tapi lebih tinggi tiang bendera.
 
 
Presiden: Kita harus menghargai upaya Joni meski berbahaya, karena Joni ingin merah putih tetap berkibar
 
(Sumber: Kompas/Seword)
Monday, August 20, 2018 - 16:45
Kategori Rubrik: