Jokowi Tunjuk Tito Karnavian sebagai Calon Tunggal Kapolri

REDAKSIINDONESIA-Presiden Joko Widodo, memutuskan mengusung Komisaris Jenderal Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti yang akan pensiun pada Juli 2016 mendatang.

Pernyataan ini disampaikan Ketua DPR, Ade Komarudin saat melakukan sidak di stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Rabu, 15 Juni 2016.

"Sebelum saya ke sini (Gambir), beliau (Presiden) menyampaikan surat kepada dewan. Surat tersebut berisi Presiden meminta pencalonan Komjen Tito Karnavian, menjadi satu-satunya calon Kapolri," ujar Ade di lokasi.

Ade menjelaskan, usai mendapat surat dari Presiden tersebut, selanjutkan akan diproses dalam rapat pimpinan DPR untuk menyampaikan pencalonan Komjen Tito sebagai calon Kapolri.

"Setelah itu diproses di Komisi III untuk fit and proper tes. Saya sudah komunikasi degan ketua Komisi III. Mungkin bisa dilakukan pada 22 Juni," ujar Ade.

Nama Tito dipuji istana atas kecepatannya dalam penanganan Bom Thamrin 14 Januari kemarin. Namun, jika segera dipasang menjadi Kapolri pada Juli nanti, dia dianggap yunior karena merupakan lulusan Akpol 87.

Rekan seangkatan Tito di mantra lain, TNI AD-AL-AU-- kebanyakan baru menjabat bintang satu. Namun ada juga yang bintang dua yaitu ‎Mayjen Andika Perkasa yang saat ini menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Selanjutnya, posisi Kapolda Metro diisi oleh Irjen Moegiyarto yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat.

"Posisi Kapolda Jawa Barat lalu diisi Irjen Jodie Rooseto (Widyaiswara Sespim Polri). Posisi Pak Jodie diisi Kapolda Kepri (Brigjen Dolly Bambang Hermawan) dan Kapolda Kepri diisi Brigjen Supriyanto," lanjut Badrodin.

Pada 2012 lalu Jodie Rooseto batal dimutasi menjadi Kapolda Jawa Barat menggantikan Irjen Putut Bayu Seno. Jodie, yang sebelumnya menjabat Kapolda Lampung, dibelokan menempati posisi baru sebagai Kasetukpa Lemdikpol karena kerusuhan di Lampung.

Saat itu Jodie menggantikan Brigjen Ngadino yang diangkat sebagai Kapolda Sultra menggantikan Brigjen Tubagus Anis Angkawijaya. Tubagus lalu mendapat promosi jabatan sebagai Kapolda Jawa Barat.

Kini kursi Kapolda Jawa Barat kembali diisi oleh Jodie.

(Sumber: Viva.co.id/beritasatu)

Wednesday, June 15, 2016 - 14:15
Kategori Rubrik: