Jokowi Tak Mempan Dipancing Soal Capres 2024

ilustrasi

Oleh : Nezar Patria

Banyak yang tak sabar menunggu formasi kabinet Presiden Jokowi nanti. Saat makan siang dengan para pemimpin redaksi kemarin di Istana, Presiden Jokowi mengatakan kabinet akan datang berbeda posturnya dari yang sudah-sudah. Ada menteri berusia 30 tahun, dan ada banyak penataan tugas baru di sejumlah pos kementerian. “Gambar besar kabinet nanti bertumpu pada kecepatan. Kalau perlu maksimalkan IT dan digitalisasi,” kata Jokowi.

Selain menyimak tanya jawab seru dan banyak off the record, saya menikmati hidangan Istana yang sederhana. Hanya ada Mi Jawa Rebus, Siomay, dan Bakso. Sesekali Jokowi bangun dari tempat duduknya, mengambil makanan, atau sekadar mengecek sesuatu di ruang sebelah, dan cepat kembali ke kursinya. Saya melihat dia bergerak lincah. Dia tampak ringan dengan tubuh yang ramping. Penampilannya santai, mirip anak-anak muda yang lagi gandrung menggarap start-up. Siang itu Jokowi berkemeja putih, celana hitam, dan sepatu kets hitam bersol putih.

Selama lima tahun belakangan dia memang bergerak cepat dalam soal-soal pemerintahan. Saya yakin tubuhnya makin ringan tanpa beban politik berat di periode kedua. Semoga kali ini Jokowi lebih tajam dan fokus. Banyak yang berharap dia bisa lebih baik lagi pencapaiannya di term kedua.

Selain itu, yang kita tunggu adalah warisan politiknya untuk para pemain baru di 2024. Calon-calon pemimpin muda yang brilian, berani, dan bisa membawa Indonesia hebat dan kuat. Adakah di antara para menteri baru nanti akan menjadi calon presiden di 2024?

Jokowi tak menjawab dengan terang. Dia ringan mengelak, dan juga tak mau menduga-duga. “Dalam dua tahun, pasti akan muncul siapa yang didukung rakyat dan disukai media,” ujarnya. Di meja makan itu, saya merasakan angin berembus pelan. Ringan.

Sumber : Status Facebook Nezar Patria

Friday, August 16, 2019 - 10:00
Kategori Rubrik: