Jokowi Ranking 4 Pemimpin Dunia Yang Dicintai Rakyatnya

Oleh : Axtea 99

Di era informasi seperti sekarang ini tidak dapat dipungkiri bahwa Media Sosial adalah media yang paling efektif digunakan oleh para pemimpin negara di seluruh dunia sebagai alat diplomasi penting. Saluran online dari media sosial tersebut membawa gelombang keterbukaan dan transparansi yang belum pernah dialami dimasa sebelumnya.

Media sosial seperti ini menyediakan platform untuk komunikasi tanpa syarat dan telah menjadi alat komunikasi yang paling kuat dan berpengaruh, yang membuat penonton berduyun-duyun ke newsfeeds mereka untuk mendapatkan berita-berita terbaru/terhangat.

Media sosial Twitter, secara khusus telah menjadi barometer diplomatik, yang digunakan untuk menganalisis dan meramalkan hubungan internasional antar negara. Selain Twitter, media social laiinya adalah Facebook, Youtube dan Istagram yang mampu menjangkau target audiens yang lebih luas lagi.

Tujuan strategis menggunakan media sosial adalah mengendalikan keterlibatan audiens yang diperkuat oleh efektivitas data yang luas, banyaknya pengikut dan aktivitas, serta analisis mendalam dari konten yang berbeda yang diposting di akun media sosial tersebut.

Berdasarkan hasil studi yang digelar awal Januari 2016 oleh Burson-Marteller, terhadap laman pribadi dari 87 Kepala Negara, 82 Perdana Menteri dan 51 Menteri Luar negeri, mengindikasikan bahwa Presiden Amerika Serikat merupakan Kepala Negara yang paling disukai di media sosial khususnya Facebook dengan 46 juta like pada laman resminya di Facebook.

Presiden RI Joko Widodo masuk dalam daftar 5 besar pemimpin dunia yang paling disukai dimedia sosial berada diperingkat keempat dengan memiliki 6 juta like.

Kita boleh bangga dengan fakta ini yang menunjukkan bahwa Presiden Jokowi, memahami pentingnya menggunakan media sosial untuk menyampaikan program-program yang sedang dijalankan pemerintahannya dan mendapatkan tanggapan langsung tanpa disortir dari teman2nya di laman media sosial tersebut, sehingga dengan mudahnya Presiden bisa menerima aspirasi langsung apa keinginan rakyat yang sesungguhnya dan bisa sekaligus bisa memberikan solusi yang paling tepat buat kepentingan rakyatnya. Bravo Presiden Jokowi **

 

Sumber : kompasiana.com

Thursday, August 25, 2016 - 10:00
Kategori Rubrik: