Jokowi Itu Presiden

ilustrasi

Oleh : Made Supriatma

Sudahlah. Berhentilah mengkhotbahi saya tentang hidupnya yang sederhana. Tentang pontang-pantingnya jatuh bangun ketika bangkrut. Tentang hidupnya sebagai rakyat jelata yang melata. Tentang anak-anaknya yang jualan martabak dan pisang goreng untuk bisa makan.

Itu semua ilusi!

Dia presiden. Dia menikmati kekuasaan. Itu wajar. Presiden harus bisa menikmati kemewahan karena dia sudah memenangkan pertarungan. Itu sebabnya orang berebut menjadi presiden.

Saya tidak sedikitpun hendak mengkritik atau mencela. Dia berhak. Bagaimanapun dia penguasa tertinggi di negeri ini. Dulu, setiap penguasa diberi tiara bertatah emas berlian dikepalanya. "Pomp is power, pomp power," demikian tulis antropolog Clifford Geerz. Kemegahan adalah kekuasaan, kemegahan kekuasaan.

Yang saya kritik adalah para pemujanya yang selalu mendudukkan dia sebagai jelata. The thing he is not! Dudukkan dia sebagai presiden. Dengan begitu kau bisa meminta pertanggungjawabannya.

Nah, soal Mesastila Resort and Spa. Siapa pemiliknya? Tidak lain dan tidak bukan adalah PT Recapital Advisors.

Dan, siapa pemilik PT Recapital Advisors itu? Co-founders-nya adalah Sandiaga Salahuddin Uno 

Kawan, kekuasaan itu berkisar diantara segelintir orang-orang itu saja! Dan, kepalamu setiap hari dikili-kili kayak jangkrik aduan supaya berderik nyaring, dan menyerang jangkrik lain, yang juga dikili-kili kepalanya oleh juragan sebelah.

Kapankah kau berhenti jadi jangkrik?

Artikel: Intip Resort Mewah Tempat Favorit Jokowi Menginap, Per Malam Rp16 Juta

Link berita ada disini:

https://www.viva.co.id/…/1164969-intip-resort-mewah-tempat-…

Sumber : Status Facebook Made Supriatma

Tuesday, July 16, 2019 - 20:45
Kategori Rubrik: