Jokowi Itu Orang Baik (Curahan Hati Ex Pendukung Pemberontak Papua)

Oleh: Riki Seprianto

 
Acap kali aktivis kemanusiaan internasional bertanya, "Apa yg membuatmu berubah untuk mendukung Presiden Indonesia hari ini, bukan kah kau selama ini gentar meneriakan kemerdekaan Papua dan wilayah melanisian, Riki?".
 
Teringat sebuah tulisan panjang yg pernah kukirim pada aktivis internasional, saat menjelang sidang gugatan TPN-OPM di Mahkamah International 2013 lalu. Buku itu berjudul "KOLONIALIS INDONESIA". Masa itu saya bukanlah anak bangsa yg baik, bahkan dengan jelas saya katakan, I'm not Indonesian, saya sering berjalan ke Papua dan Solomon Island hingga New Guinea, bahkan Vanuatu. Hadir sebagai POLITICAL TOURISTS bagian dari perongrong negara ini. (kejujuran untuk Indonesia yg baik).
 
 
 
Bahkan sampai hari ini, saya masih belum menjadi Indonesia yg sejati, saya masih terdaftar sebagai manusia int, yg memiliki 2 kewarga negaraan.
 
Berdirinya saya di golongan pemberontak bukanlah akibat kebencian pada negeri ini, tapi muak, marah dan jijik dengan perilaku pejabat negara dan pemerintahan masa lampau, yg dengan tidak peka, yg dengan acuh, yg dengan songong dan congkaknya membiarkan Papua dijarah dan dirampok, diperkosa dan dibunuh oleh kepentingan negara negara imperialis.
 
Selama ini Papua terabaikan, tertinggal di sudut gelap kemajuan zaman, tereliminasi dari pertarungan yg semakin lebar, di bungkam dalam kesemena-menaan. Dijadikan pecundang dan  budak dari hasrat kekuasaan dan kerakusan akan kekayaan alamnya. sesuatu yg membuat saya menolak untuk diam dan terus membiarkan segala kerusakan di sana.
 
70 Tahun mereka terabaikan, tertidur dalam megahnya barat Indonesia, dan mereka hanya di jadikan ladang perbudakan di tanah leluhur mereka sendiri, apa kita akan terus berdiam? Manusiakah engkau yg berpendidikan?
 
Namun hari ini, saya berbalik mendukung negeri ini, mendukung pemerintahan saat ini, juga dengan alasan yg jelas:
 
SAYA MENEMUKAN PEMIMPIN YG BAIK UNTUK SAUDARA KU YG LAMA TERTINGGAL.
 
Itu alasanku untuk tidak lagi menyuarakan kemerdekaan Papua.
 
Kemerdekaan sejati bagiku adalah  dimana segenap warga negara mendapatkan hak-hak nya secara merata, tidak tumpang tindih, tidak senjang, tidak gonjang dalam pemerataan pembangunan. Dan hari ini sudah di mulai bahkan sudah bisa di rasakan.
 
Membangun tidaklah mudah, apalagi membangun Papua. dengan segala latar belakang, dengan amarah yg masih tersisa, dengan kebencian yg masih melekat akibat acuhnya pemimpin yg lampau. Namun hari ini kita punya putra bangsa yg baik, kita miliki pemimpin yg baik, yg mendukung kesetaraan dan kesejahteraan yg merata, demi keadilan dan kemakmuran bangsa, bukan kah menjadi tanggung jawab kita untuk mendukung kebaikan itu?
 
Jangan biarkan kerusakan itu terulang, jangan biarkan kolonialis itu bangkit, jangan biarkan orang orang serakah menjadi penguasa. Jika kita ingin indonesia utuh dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Rote, jika kita ingin kan damai, jika tak ingin perang melawan saudara sendiri. mari berdiri bersama orang yg baik, mari kita kawal pembangunan negeri ini, mari kita temani dan kita dukung pemimpin negeri yg berjibaku penuh abdi.
 
Bagiku Jokowi pemimpin yg baik.
Dan tidak akan ku biarkan dia berjalan sendiri membenahi negeri yg rusak parah ini.
 
Sudikah kawan kawanku, ikhlaskah sahabatku, untuk berdiri bersamaku, bersama pemimpin negeri yg baik ini?
Kita melangkah bersama, kita dukung bersama sama , kita jaga, kita kawal Jokowi untuk melakukan yg terbaik untuk negeri tercinta ini.
 
Salam indonesia
 
(Sumber: Facebook Riki Seprianto)
Saturday, February 9, 2019 - 19:15
Kategori Rubrik: