Jokowi dan Pendeta

ilustrasi

Oleh : Agoes Ibrahim

Mengapa Jokowi sangat disayang oleh mayoritas umat Kristiani ?
Bila para tokoh yang lain tampil gagah di depan publik dengan jas atau baju safari atau batik lengan panjang dari bahan sutera nan mahal.. Jokowi sehari-harinya cuman pakai kemeja putih lengan panjang yang ujungnya dilipat..kayaknya ada something different dalam diri Jokowi..

Penampilannya itulah yang membuat umat Kristen mengidolakan Jokowi karena mereka seperti melihat "pribadi Yesus" dalam diri Jokowi.
Sama-sama hidup sederhana, rendah hati, merakyat dan jujur...

Tapi konyolnya, cara pandang umat Kristen terhadap pemimpin gerejanya, bisa berbalik 180⁰ dengan cara pandang mereka terhadap presidennya...

Banyak umat Kristen yang membangga-banggakan pendetanya yang hidup bergelimang kemewahan dari uang jemaat. Semakin kaya pendetanya, semakin bangga mereka...

Pendeta yang mengendarai mobil Lamborghini, Ferrari, Porsche bahkan Rolls Royce, lebih dihormati bahkan dipuja umat dari pada pendeta yang naik mobil Kijang butut.
Dan ga pernah ada ceritanya pendeta megachuch bepergian jauh naik pesawat dengan tiket economy class. Mereka so pasti duduknya di business class, first class..! Bahkan ada pendeta di negeri ini yang kerap "pelayanan" dengan naik private jet carteran.

Waktu masih tinggal di Lampung, pernah saya menjemput penginjil JW di airport pakai mobil saya Fortuner terbaru. Dalam obrolan di mobil, beliau bilang kalau jemput penginjil perempuan IG kudu pakai Mercy yang S Class. Beliau ga mau kalau type E Class apalagi yang C Class. Kalau pester GL, minimal Alphard. Mobil Fortuner ga laku, katanya.. haha...
Baru jadi pemimpin ribuan jemaat aja, gayanya sudah nyundul langit..

Pendeta yang khotbah di mimbar dengan tampilan ga sopan tapi mewah, pakai T-Shirt merk Prada, celana jins robek-robek merk Gucci, dengan sabuk merk LV dan parfum Chanel Grand Extrait yang sebotol harganya 60 jeti, sangat disanjung-sanjung jemaatnya dan mereka siap mati-matian membela sang pendeta pujaan hati...

Coba bandingkan dengan presiden Jokowi, sang pemimpin 265 juta rakyat Indonesia. Waktu menghadiri wisuda Kaesang di Singapura, dia dan istrinya ga mau menggunakan fasilitas pesawat kepresidenan. Mereka berdua naik pesawat Garuda, itupun economy class.

Pertanyaannya, bila kesederhanaan Jokowi "serupa" dengan pribadi Yesus, lantas para pendeta hedon yang hidupnya bergelimang kemewahan di atas penderitaan jemaatnya itu "serupa" dengan pribadi siapa ?? Jawab sendiri ya.....

Mari kita para jemaat jangan lagi mau dimanipulasi para pendeta hedon pakai ayat demi menumpuk harta kekayaan untuk hidup bermewah-mewah..

Bila mereka gembala sejati, seharusnya mereka benar-benar meneladani Kristus yang hidup dalam kesederhanaan, bukan hidup bermewah-mewah... !

Yesus bersabda :"Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.."
Ya... setiap kita, terutama para pemimpin umat, harus bisa menyangkal diri.. harus mampu mengendalikan diri dari segala godaan duniawi.. itulah perintah Tuhan kita.
Kalau tak mampu hidup sederhana, ya jangan jadi pemimpin yang harus menjadi teladan bagi umatNya.
As simple as that...

Sumber : Status Facebook Agoes Ibrahim

Monday, October 26, 2020 - 09:15
Kategori Rubrik: