by

Jokowi dan Isyarat dalam Ramalan Jayabaya

 

Banyak disebut tanda-jaman-yang-buruk, namun justeru jadi isyarat lahirnya era yang lebih baik, misalnya:

1. Maraknya hoax, berita atau kabar simpang-siur serta fitnah, di tengah masyarakat. (Akeh swara tanpa rupa, tan kasat mata tan arupa, karena disampaikan melalui media. Lihat bait ke-162 baris ke-3, 5).

2. Munculnya kelompok/orang yang merasa paling benar dan suka memaksakan kebenaran mereka. (bala-prewangan makhluk halus pada baris, pada rebut benere garis. Lihat bait ke-162 baris ke-4).

3. Bahkan ada muncul orang yang “bukan ulama tapi disebut ulama” (dudu pandhita sinebut pandhita. Lihat bait ke-170 baris 2 dst).

Puncak tanda jaman yang jadi awal lahirya era masyarakat yang lebih baik (berakhirnya kalabendu) disebutkan munculnya pemimpin yang hikmat menghormat pada rakyat kecil (RATUNE NYEMBAH KAWULA. Lihat bait 5). Pemimpin merakyat dan menghormat rakyat kecil ini, disebut telah selamat dari segala terpaan fitnah dan hoax (sing wis adu wirang nanging kondhang. Lihat bait 173 baris-9). Bisajadi ada beberapa pemimpin yg punya program kerakyatan, tapi yang bersikap lahir maupun batin berhikmat-hormat rakyat jelas langka keberadaanya.

Tanda lain lain yang minor, ialah pemimpin ini bertubuh tidak-gemuk, mampu berbahasa dengan bahasa sehari-hari rakyatnya (apasurya padha bathara Kresna, awatak Baladewa. Bait 159 baris 5-6). Kemudian beliau ini akan “nugel tanah jawa kping pindo” (membuat/menambah jalan tol dan jalan desa? Melancarkan transportasi. Sehingga lalulintas 2x lebih cepat?. Lihat saja bait ke 164).

Yang jelas, Jangka Jayabaya mengajarkan kita untuk selalu optimistis, bahwa masa depan yang lebih baik pasti ada. Kesejahteraan umum sangat bisa dicapai (nora ono wong gresula kurang. Bait penutup atau ke-173 baris 11), keadilan pasti dapat ditegakkan (wong utang mbayar, utang nyawa nyaur nyawa, utang wirang nyaur wirang. Ujung bait ke-153).

 

(Sumber: Facebook Mediyansyah Taharani)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed