Joe Bidden Executive Order

ilustrasi
Oleh : Arya Hadi Darmawan
Sejumlah executive order (EO) dari Presiden USA Joe Biden sungguh sangat melegakan dunia. Nyaris semua EO yang diteken Joe Biden adalah pembatalan kebijakan pemerintah USA semasa presiden Trump yang kontroversial. Dua dari sekian banyak EO itu, adalah:
(1) Joe Biden membatalkan kebijakan USA yang "putus hubungan dengan W.H.O" di tengah-tengah pandemi covid 19. Kini di bawah Presiden Joe Biden W.H.O dirangkul kembali oleh USA. Bagaimanapun W.H.O sangat perlu dukungan finansial dari USA. W.H.O adalah badan dunia di bawah PBB yang dipercaya oleh negara-negara anggota PBB termasuk Indonesia di bidang penanganan kesehatan masyarakat dunia.
(2) Joe Biden membatalkan kebijakan Trump yang menolak Paris Agreement. Di tengah persoalan krisis iklim dunia, Trump tak mau mengikuti komitmen seluruh dunia untuk menekan polusi demi turunnya suhu atmosfer. Kini di bawah Joe Biden, USA ikut dalam kesepahaman Paris Agreement. Artinya, USA sebagai salah satu negara yang menebar polusi udara terbesar di dunia, ikut berpartisipasi memerangi perubahan iklim dengan cara pengurangan emisi pada sektor industrinya.
Indonesia kini lega karena sebagai bagian dari UNFCCC (Konvensi Rangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim) mendapat kesamaan pandangan dengan USA. Bagaimanapun soal iklim dunia, semua negara harus bekerjasama. Karena, persoalan banjir, hujan berlebihan, kekeringan akibat perubahan iklim bisa terjadi dimana saja termasuk di USA dan di Indonesia.
Pemerintah USA telah kembali ke track yang benar, sehingga Presiden EU von der Leyen mengatakan bahwa "EU has a friend" yang selama 4 tahun ini mungkin dirasakan hilang. Semoga ke depan USA semakin baik.
Presiden Joe Biden tugasnya sangat berat karena harus mengobati USA yang kadung menjadi pusat korban pandemi covid 19 dunia, sambil kembali menata hubungan dengan berbagai negara di dunia.
"USA is back again" mudah-mudahan benar adanya.
Salam pagi
Sumber : Status Facebook Arya H Dharmawan
Saturday, January 23, 2021 - 18:15
Kategori Rubrik: