Jawa Barat Provinsi Pertama Terapkan New Normal: Bravo!

Oleh: Prayitno Wongsodidjojo Ramelan

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, menyatakan bahwa penerapan New Normal (kenormalan baru) di Provinsi Jabar dimulai hari Senin, 1 Juni 2020 dengan istilah AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru). Maksudnya agar masyarakat tidak berfikir kondisi sudah normal, tetapi agar beradaptasi dahulu. 
Status AKB diterapkan di 15 kabupaten kota di Jawa Barat yang masuk dalam zona biru.

Pemda Jabar dinilai paling sukses dalam menangani kasus Covid, bisa dinilai juara nasional. Penulis 10 tahun pernah bertugas di Jawa Barat, cukup memahami bagaimana ketaatan masyarakat Sunda yg mayoritas Muslim. Ada sisi agamis dibalik suksesnya pemda Jabar, dgn penduduk terbanyak dibandingkan provinsi lain di pulau Jawa. 

 

Keputusan penerapan AKB ini diklaim berdasarkan kajian ilmiah, mengacu pada data di lapangan juga kesiapan sistem pengendalian pandemic Covid-19 di Jawa Barat, provinsi dengan jumlah penduduk terpadat di Indonesia. Penulis salut kepada kang Emil, karena pada awal pandemi Covid, Jabar merupakan provinsi terbanyak kedua penduduknya yg terpapar Covid-19 setelah DKI Jakarta.

Gubernur Ridwan Kamil menyebutkan, ada sembilan indikator yang harus diukur untuk memutuskan penerapan AKB ini,yaitu : 

# Laju ODP (orang dalam pemantauan) dan PDP (pasien dalam pengawasan)

# Kasus positif, kematian, kesembuhan

# Angka reproduksi (Rt)

# Transmisi/penularan Covid-19

# Pergerakan lalu lintas dan manusia

# Resiko geografis

"Angka Rt sudah selama 14 hari ini rata-rata di angka 1, bahkan di dua hari terakhir di angka 0,97. Ini menandakan, kalau mengikuti standar WHO, maka wilayah itu masuk kategori terkendali. Laju ODP dan PDP turun dan tinggal 30,2 persen pasien yang dirawat di ruang isolasi," kata Ridwan Kamil.

Tempat ibadah didahulukan

Penerapan AKB akan dilaksanakan secara bertahap, dimulai dengan dibukanya tempat ibadah di zona biru per 1 Juni 2020 (Ini bagian kunci bagi masyarakat Jabar).

Namun pembukaan tempat ibadah ini dengan syarat hanya 50% dari kapasitas tempat ibadah dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kereen Kang Emil, proud of you, good luck, wass, Pray Old Soldier.

Ket. Foto : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Dan Istri Saat Menangani Virus Corona Atau COVID-19 | Instagram/Ataliapr, Instagram/Ridwankamil

 

(Sumber: Facebook Prayitno Ramelan)

Wednesday, June 3, 2020 - 21:00
Kategori Rubrik: