Janji Anies Yang Sudah Dilaksanakan Ahok

REDAKSIINDONESIA-Calon gubernur nomor urut 3, Anies Baswedan menjanjikan Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus akan menjangkau anak berkebutuhan khusus. KJP Plus adalah program andalan Anies. KJP Plus disebutnya punya keistimewaan dibanding KJP yang selama ini sudah berjalan di bawah Ahok-Djarot.

Mantan Menteri Pendidikan Nasional yang diganti Presiden Jokowi tersebut, menjanjikan dukungan khusus, sebagai pemerintah, kepada siswa berkebutuhan khusus. Tentu jika Anies terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta. Anies mengiming-imingi KJP Plus akan menjamin biaya pendidikan anak berkebutuhan khusus yang relatif lebih banyak dibanding siswa lain.

Kelas tambahan bagi anak berkebutuhan khusus juga akan dipertimbangkan Anies. Kesejahteraan guru-guru yang menangani anak-anak berkebutuhan khusus juga akan ditingkatkan Anies. Menurut Anies

Selain KJP Plus bagi anak berkebutuhan khusus, Anies juga menjanjikan fasilitas pelayanan publik bagi anak berkebutuhan khusus . Namun Anies akan menggunakan tenaga untuk membantu anak berkebutuhan khusus agar punya mobilitas secara mandiri.

Sementara Anies baru berjanji, program KJP yang dijalankan Ahok-Djarot sudah terbukti sukses. KJP Ahok-Djarot ditujukan bagi siswa miskin, tentu saja termasuk siswa berkebutuhan khusus. Sisi “plus” dalam KJP versi Anies belum jelas jika dibanding KJP yang dikelola Ahok-Djarot selama ini.

KJP yang selama ini berjalan sudah mengandung berbagai fasilitas “plus” seperti naik Transjakarta gratis, beli daging murah dan membeli kacamata. Program KJP di bawah Ahok-Djarot berhasil menurunkan angka putus sekolah. Target menghilangkan siswa putus sekolah di Jakarta semakin nyata tercapai.

Oktober 2016 lau, Ahok juga meresmikan bus Transjakarta bagi warga berkebutuhan khusus. Bus lower deck tersebut tidak tinggi seperti bus Trans Jakarta umumnya. Bus itu sejajar dengan trotoar. Sehingga memudahkan pengguna kursi roda untuk naik dan turun bus.

Pemerintah ProvInsi DKI Jakarta, di bawah Ahok-Djarot, menargetkan pengadaan 300 bus lower dack bagi warga berkebutuhan khusus di tahun 2017. PT. Trans Jakarta juga meluncurkan layanan Transjakarta Cares.

Transjakarta Cares adalah layanan mobil penjemputan bagi warga Jakarta berkebutuhan khusus. Layanan tersebut diluncurkan sebagai bagian dari peraturan gubernur, yang diterbitkan Ahok, tentang layanan gratis kepada beberapa kelompok masayarakat. Termasuk kepada warga berkebutuhan khusus.

Melihat berbagai kebijakan Ahok-Djarot di bidang pendidikan dan keberpihakkan mereka pada warga berkebutuhan khusus lewat berbagai kebijakan, maka siswa berkebutuhan khusus terjamin hidupnya di bawah administrasi Ahok-Djarot.

Ahok sudah terbukti sukses menjalankan KJP. Sedangkan distribusi Kartu Indonesia Pintar (KIP) di jaman Anies menjabat sebagai Menteri Pendidikan Nasional dapat dipertanyakan. Dapat diduga hal itu menjadi salah satu pertimbangan Presiden Jokowi mengganti Anies dengan Muhajir Effendy.

Anies baru mengklaim berpengalaman mengurus pendidikan anak berkebutuhan khusus. Namun Anies tidak menjjelaskan pengalaman apa yang dimaksud. Apakah di level nasional, provinsi atau hanya di level kegiatan sosial?

Anies juga belum terbukti mampu menyediakan fasilitas publik bagi warga berkebutuhan khusus. Ahok sudah terbukti meluncurkan bus Transjakarta dan mobil penjemputan bagi warga berkebutuhan khusus. Keberpihakkan Ahok sudah terbukti. Sehingga Ahok dapat diharapkan memenuhi fasilitas tambahan bagi warga berkebutuhan khusus.

Apa yang dijanjikan Anies sudah dikerjakan Ahok. Sedangkan apa yang sudah sukses dilaksanakan Ahok belum pernah dikerjakan Anies. Sekarang pilihan ada di tangan warga Jakarta. Apakah akan memilih Anies atau Ahok. Anies baru menjanjikan fasilitas bagi siswa berkebutuhan khusus. Sedangkan Ahok sudah terbukti menyediakan fasilitas bagi siswa dan warga berkebutuhan khusus.(jakartaassoy)**

Thursday, February 9, 2017 - 12:30
Kategori Rubrik: