Jangan Jadi Kaum Ngeyelan

ilustrasi

Oleh : Muhammad Arief Junaydi

MUI dan Beberapa ormas Islam sudah memberikan fatwa agar tidak keluar di kerumunan banyak orang tak terkecuali dengan shalat jum'at dan shalat berjama'ah, tentu dengan beberapa himbauan catatan dan pertimbangan.

Himbauan: Demi keselamatan bersama

Catatan: Semakin merebaknya Virus Covid-19

Pertimbangan: Interaksi sosial dalam kerumunan jumlah besar dan kecil terindikasi ada penularan virus Covid-19.

Saran Ahli Medis dan Pengambilan Keputusan Fatwa: Beberapa ahli medis telah memberikan pernyataan serius terhadap beberapa daerah yang mulai rawan terinveksi menyebarnya virus Covid-19 sehingga Social Distancing menjadi langkah tepat untuk mencegah dan mengantipasi semakin menularnya virus Covid-19. MUI dan beberapa ormas Islam dengan berpatokan pada pernyataan dan hasil penelitian para medis mengeluarkan larangan aktivitas diluar rumah hingga beribadah di tempat ibadah seperti masjid dengan skala besar dan daya tampung luas banyak dan lebar demi meminimalisir terjadinya penularan virus Covid-19 untuk daerah yang dinyatakan positif rawan merebaknya virus, sementara daerah atau tempat yang masih berada di zona aman dipersilahkan melaksanakan shalat jumlat dan shalat lima waktu berjamaah.

Namun, kengeyelan dengan sok paling tawakkal atau sok paling berserah dan pasrah diri kepada Allah terhadap pernyataan para pakar medis atas merebaknya virus Covid-9 ini masih saja tak menggubris dan tak mengindahkan himbauan dan larangan ini, sehingga masih saja mempertontonkan kebodohannya di khalayak ramai. Dahulu di zaman Rasulullah SAW sudah pernah terjadi kengeyelan yang sama walau dengan kasus yang berbeda dengan masalah terjangkitnya virus ini akan tetapi, agama yang diajarkan Rasulullah SAW ini tidak melulunya seputar pemaksaan namun ada keringanan bagi pihak-pihak tertentu yang sedang mengalami udzur syar'i.

Dalam sebuah hadits Nabi dijelaskan:

٣٣٦ - حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْأَنْطَاكِيُّ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنِ الزُّبَيْرِ بْنِ خُرَيْقٍ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ جَابِرٍ قَالَ: خَرَجْنَا فِي سَفَرٍ فَأَصَابَ رَجُلًا مِنَّا حَجَرٌ فَشَجَّهُ فِي رَأْسِهِ، ثُمَّ احْتَلَمَ فَسَأَلَ أَصْحَابَهُ فَقَالَ: هَلْ تَجِدُونَ لِي رُخْصَةً فِي التَّيَمُّمِ؟ فَقَالُوا: مَا نَجِدُ لَكَ رُخْصَةً وَأَنْتَ تَقْدِرُ عَلَى الْمَاءِ فَاغْتَسَلَ فَمَاتَ، فَلَمَّا قَدِمْنَا عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُخْبِرَ بِذَلِكَ فَقَالَ: «قَتَلُوهُ قَتَلَهُمُ اللَّهُ أَلَا سَأَلُوا إِذْ لَمْ يَعْلَمُوا فَإِنَّمَا شِفَاءُ الْعِيِّ السُّؤَالُ، إِنَّمَا كَانَ يَكْفِيهِ أَنْ يَتَيَمَّمَ وَيَعْصِرَ - أَوْ» يَعْصِبَ «شَكَّ مُوسَى - َعلَى جُرْحِهِ خِرْقَةً، ثُمَّ يَمْسَحَ عَلَيْهَا وَيَغْسِلَ سَائِرَ جَسَدِهِ»

Telah menceritakan kepada kami Musa bin Abdurrahman Al-Anthaki telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Salamah dari Az-Zubair bin Khuraiq dari 'Atha` dan Jabir dia berkata; Kami pernah keluar dalam sebuah perjalanan, lalu salah seorang di antara kami terkena batu pada kepalanya yang membuatnya terluka serius. Kemudian dia bermimpi junub, maka dia bertanya kepada para sahabatnya; Apakah ada keringanan untukku agar saya bertayammum saja? Mereka menjawab; Kami tidak mendapatkan keringanan untukmu sementara kamu mampu untuk menggunakan air, maka orang tersebut mandi dan langsung meninggal. Ketika kami sampai kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau diberitahukan tentang kejadian tersebut, maka beliau bersabda: "Mereka telah membunuhnya, semoga Allah membunuh mereka! Tidakkah mereka bertanya apabila mereka tidak mengetahui, karena obat dari kebodohan adalah bertanya! Sesungguhnya cukuplah baginya untuk bertayammum dan meneteskan air pada lukanya -atau- mengikat lukanya- Musa ragu- kemudian mengusapnya saja dan mandi untuk selain itu pada seluruh tubuhnya yang lain." (HR. Abu Daud dalam Sunannya 1/93 no. 336, Addaruquthni dalam Sunannya 1/349 no. 729, Al-Baihaqi dalam Sunan Asshaghir 1/94 no. 236, Sunan Al-Kubra 1/347 no. 1075 dan Ma'rifatus Sunan wa Al-Atsar 2/41 no. 1661)

So, mari kita beragama dan menjalankan agama ini dengan benar dan sesuai rambu-rambunya yang sudah jelas, belum lagi jika kita belajar atas sejarah penyakit 'Tha'un' di masa khalifah Umar bin Khaththab dimana beliau berijitihad lebih memilih menyelamatkan dan menghindarkan diri bersama sahabat-sahabat lainya dan para tabi'in untuk tidak menempuh tindakan yang membahayakan jiwa dengan adanya wabah mematikan ini. Seperti yang terekam dalam salah satu kitab kumpulan hadits karangan Imam an-Nawawi 'Riyãdhush Shãlihīn' halaman 495 berikut ini :

٣٦١- باب كراهة الخروج من بلد وقع فيها الوباء فراراً منه وكراهة القدوم عليه
قال الله تعالى: {أَيْنَمَا تَكُونُوا يُدْرِكْكُمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِي بُرُوجٍ مُشَيَّدَةٍ} [النساء: ٧٨] . وقال تعالى: {وَلا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ} [البقرة: ١٩٥] .
١/١٧٩١- وَعَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رضي اللَّه عَنْهُمَا أنَّ عُمَر بْنِ الْخَطًَّابِ رضي اللَّه عَنْهُ خَرَجَ إلَى الشَّامِ حَتَّى إذَا كَانَ بِسَرْغٍ لَقِيَهُ أُمَراءُ الأجْنَادِ أبُو عُبَيْدَةَ بْنُ الجَرَّاحِ وَأصْحَابُهُ فَأَخْبَرُوهُ أنَّ الْوبَاءَ قَدْ وَقَعَ بالشَّامِ، قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ: فَقَالَ لي عُمَرُ: ادْعُ لِي المُهاجرِين الأوَّلِينَ فَدَعَوتُهم، فَاسْتَشَارهم، وَأَخْبرَهُم أنَّ الْوَبَاءَ قَدْ وَقَعَ بِالشَّامِ، فَاخْتلَفوا، فَقَالَ بَعْصُهُمْ: خَرَجْتَ لأَمْرٍ، وَلاَ نَرَى أنْ تَرْجِعَ عَنْهُ. وَقَالَ بَعْضُهُمْ: مَعَكَ بَقِيَّة النَّاسِ وَأصْحَابُ رسُولِ اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم، وَلا نَرَى أنْ تُقْدِمَهُم عَلَى هَذَا الْوَبَاءِ، فَقَالَ: ارْتَفِعُوا عَنِّي، ثُمَّ قَالَ: ادْعُ لِي الأَنْصَارَ، فَدعَوتُهُم، فَاسْتَشَارهمْ، فَسَلَكُوا سَبِيلَ المُهاجرِين، وَاختَلَفوا كَاخْتلافهم، فَقَال: ارْتَفِعُوا عَنِي، ثُمَّ قَالَ: ادْعُ لِي مَنْ كَانَ هَا هُنَا مِنْ مَشْيَخَةِ قُرَيْشٍ مِنْ مُهَاجِرةِ الْفَتْحِ، فَدَعَوْتُهُمْ، فَلَمْ يَخْتَلِفْ عَلَيْهِ مِنْهُمْ رَجُلانِ، فَقَالُوا: نَرَى أنْ تَرْجِعَ بِالنَّاسِ وَلاَ تُقْدِمَهُم عَلَى هَذَا الْوَبَاءِ، فَنَادى عُمَرُ رضي اللَّه عَنْهُ في النَّاسِ: إنِّي مُصْبِحٌ عَلَى ظَهْرِ، فَأَصْبِحُوا عَلَيْهِ: فَقَال أبُو عُبَيْدَةَ بْن الجَرَّاحِ رضي اللَّهُ عَنْهُ: أَفِرَاراً مِنْ قَدَرِ اللَّه؟ فَقَالَ عُمَرُ رضي اللَّه عَنْهُ: لَوْ غَيْرُكَ قَالَهَا يَا أبَا عُبيْدَةَ، وكَانَ عُمَرُ يَكْرَهُ خِلافَهُ، نَعَمْ نَفِرُّ منْ قَدَرِ اللَّه إلى قَدَرِ اللَّه، أرأَيْتَ لَوْ كَانَ لَكَ إبِلٌ، فَهَبَطَتْ وَادِياً لهُ عُدْوَتَانِ، إحْدَاهُمَا خَصْبةٌ، والأخْرَى جَدْبَةٌ، ألَيْسَ إنْ رَعَيْتَ الخَصْبَةَ رعَيْتَهَا بقَدَرِ اللَّه، وإنْ رَعَيْتَ الجَدْبَةَ رعَيْتَهَا بِقَدَر اللَّه، قَالَ: فجَاءَ عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ رضي اللَّه عَنْهُ، وَكَانَ مُتَغَيِّباً في بَعْضِ حَاجَتِهِ، فَقَال: إنَّ عِنْدِي مِنْ هَذَا عِلْماً، سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم يَقُولُ: "إذَا سَمِعْتُمْ بِهِ بِأرْضٍ، فلاَ تَقْدمُوا عَلَيْهِ، وإذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا، فَلا تخْرُجُوا فِرَاراً مِنْهُ" فَحَمِدَ اللَّه تَعَالى عُمَرُ رضي اللَّه عَنْهُ وَانْصَرَفَ، متفقٌ عَلَيْهِ.
والْعُدْوَةُ: جانِبُ الْوادِي.
١/١٧٩٢- وَعَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ رضي اللَّه عَنْهُ عنِ النَّبِيِّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قَالَ: "إذَا سمِعْتُمْ الطَّاعُونَ بِأَرْضٍ، فَلاَ تَدْخُلُوهَا، وَإذَا وقَعَ بِأَرْضٍ، وَأَنْتُمْ فِيهَا، فَلاَ تَخْرُجُوا مِنْهَا" متفقٌ عليهِ.

Bahkan Syekh Abu Thalib al-Makki dalam kitabnya 'Qutul Qulub fi Mu'amalati Al-Mahbub wa Washfi Thariqi Al-Marid ilã Maqami Attauhid' menaruh bab khusus tentang korelasi dan pentingnya memadukan antara 'Tawakkal dan Berobat ketika Sakit' beliau membahasnya sebanyak sepuluh halaman di juz 2 dari halaman 33 sampai 43 dan menaruh kisah atau peristiwa Sayyiduna Umar bin Khaththab Ra diatas di bagian akhir bab tersebut, nuqilan awal bab seperti berikut:

ذكر التداوي وتركه للمتوكّل :
وتفصيل ذلك ولا ينقص التداوي أيضاً توكل العبد لأنّ النبي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أمر به، وأخبر عن حكمة الله تعالى فيه فقال صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ما من داء إلاّ وله دواء عرفه من عرفه وجهله من جهله إلاّ السأم يعني الموت، وقال عليه الصلاة والسلام تداووا عباد الله، وسئل عن الدواء والرقي، هل يرد من قدر؟ فقال: هي من قدر الله، وفي الخبر المشهور: ما مررت بملأ من الملائكة إلاّ قالوا: أمُرْ أمتك بالحجامة، وفي الحديث أنّه أمر بها فقال: احتجموا السبع عشرة وتسع عشرة وإحدى وعشرين، ولا يبيغ بكم الدم فيقتلكم، وفي ذكر تبيغ الدم دليل على توقيت هذا العدد من الأيام للحجامة، إلاّ أنّه أريد به هذه الأيام من الشهر، وأحسبه لأهل الحجاز خاصة لشدة حرّ البلد، كقول عمر رضي الله عنه في الماء المشمس أنه يورث البرص، سمعت أن ذلك في أرض الحجاز خاصة، وكان من سيرة السلف أن يحتجموا في كل شهر مرة إلى أن يجاوز الرجل الأربعين وكانوا يستحبون الحجامة في آخر الشهر.

Tawakkal wajib, akan tetapi berikhtiyar itu juga tak kalah wajibnya, jadi 'Ojo Karepe Dewe' Rasulullah SAW sendiri menganjurkan untuk mencari obat terhadap suatu penyakit yang diderita, dan diikuti pula oleh para Sohabat dan Tabi'in hingg Ulama Salafussoleh, lhaaa ente mau ikutin siapa sih kok nguuuueyel dan sok paling dekat dan laku di sisi Allah SWT...

Sumber : Status Facebook Muhammad Arief Junaydi

Saturday, March 21, 2020 - 10:00
Kategori Rubrik: