Jangan Ikuti Felix Siauw

ilustrasi

Oleh : Zainudin

Pagi ini ada yang membuat saya tersenyum terkait dengan desertasi pak Abdul Aziz. Di beranda FB saya temukan FP yang Anti JIL menampilkan tulisan yang menentang isi desertasi. Salah satu argumentasinya saya kutip :

"Maka, umat harus mengerti bahwa otoritas, apalagi otoritas keagamaan itu sangat penting. Syahrur adalah ahli teknik sipil, ahli bangunan. Tidak selayaknya dijadikan rujukan dalam masalaah fikih maupun tafsir. Kalau disebut sbg ulama, maka ia adalah ulama gadungan atau abal2."

Ini argumentasi menarik yang digunakan oleh ANTI JIL untuk menghantam Pak Aziz. Cuma apakah mereka konsisten dengan alasan ini. Setahu saya, kelompok-kelompok ini kebanyakan berasal dari perguruan tinggi umum. Bahkan kebanyakan yang dipelajari adalah bukan ilmu Agama. Biasanya ya mereka seperti Syahrur ini, tehnik sipil, kedokteran, ilmu eksakta. Mestinya, mereka juga tidak bisa mengkritisi apa yang dikaji di IAIN yang dikaji dan yang dipelajari adalah ilmu Agama.....

Dan sekarang yang banyak beredar di Kampus-kampus umum dan berbicara tentang Islam, ya yang latar belakangnya malah bukan dari disiplin ilmu keagamaan. Mestinya kalau Syahrur ditentang dengan alasan ini, maka para ustadz di Kampus umum yang melakukan hal yang sama, yakni berbecara tentang ilmu agama juga jangan di dengarkan Dengarlah ahli agama yang dari pesantren, bukan orang yang baru belajar agama di perguruan tinggi umum.

Kalau diberikan contoh Ya Jangan dengarkan Felix Siaw sebab ia tidak memiliki disiplin ilmu yang memiliki otoritas bicara tentang agama.

Ini kalau pakai logika seperti yang saya kutip di atas lho ya.....

Sumber : Status Facebook Zainudin

Friday, September 6, 2019 - 10:15
Kategori Rubrik: