Jam'iyah Atau Jami'ah?

ilustrasi

Oleh . Ahmad Sarwat, Lc.,MA

Meski rada mirip, namun antara jam'iyah (جمعية) dengan jami'ah (جامعة) jauh berbeda.

A. Jam'iyah

Jam'iyah yang saya maksud ya ormas atau kelompok-kelompok yang jumlahnya milyaran di tengah umat Islam. Dimana masing-masing kelompok ini punya karakter ingin eksis, menjadi besar plus punya kebanggaan atas keberasan masing-masing.

Sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran :

فَتَقَطَّعُوا أَمْرَهُمْ بَيْنَهُمْ زُبُرًا ۖ كُلُّ حِزْبٍ بِمَا لَدَيْهِمْ فَرِحُونَ

Kemudian mereka menjadikan agama mereka terpecah belah menjadi beberapa pecahan. Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada sisi mereka (masing-masing). (QS. Al-Mukminun : 53)

Meski tidak ada larangan untuk membentuk jam'iyah, asalkan positif, namun yang lebih sering kita saksikan justru malah yang negatifnya. Istilahnya konflik horizontal sesama umat Islam.

Kegiatan yang paling menonjol apalagi kalau bukan ribut antar sesama muslim, saling bangga-banggakan kelompok. Masing-masing merasa sebagai pejuang agama, sambil saling mencaci dan mencela antar sesama mereka sendiri.

Apalagi kalau sudah masuk ke ranah politik, maka suasananya jadi semakin semrawut saja. Konflik berkepanjangan yang sudah tidak jelas lagi asal muasalnya.

Meski ada manfaatnya juga, namun seringkali madharatnya malah lebih besar.

B. Jamiah

Jamiah (جامعة) dalam bahasa Arab secara bahasa artinya sesuatu yang menghimpun. Namun secara istilah, jamiah adalah universitas atau kampus, tempat dimana berbagai macam disiplin ilmu dikumpulkan dan dipusatkan di satu titik.

Seluruh pakar dan ahli ilmu dari berbagai belajar dunia dikumpulkan di satu titik. Demikian juga seluruh penuntut ilmu dari berbagai belahan dunia pun dikumpulkan disana.

Ditambah lagi seluruh buku dan literatur juga dipusatkan disana.

Di era keemasan Islam, mereka semua, baik dosen atau pun mahasiswa dibiayai oleh khalifah. Makan, tidur, pakaian dan tempat tinggal, semua gratis bahkan dibayar dan dapat uang saku.

Disanalah terjadi proses belajar mengajar. Dari jamiah inilah lahir para ulama agung sepanjang sejarah Islam 1400 lamanya. Maka kalau kita punya anak dan keturunan, jangan ajak mereka memperjuangkan jam'iyah, tapi pastikan mereka pergi belajar ke jamiah biar jadi ulama.

Salah satu jamiah terbesar di dunia yang berjasa besar pada umat Islam adalah Jamiah Al-Azhar Asy-Syarif di Mesir. Ibu dan Ayah saya bertemu disana, sehingga saya pun numpang lahir disana.

Sumber : Status Facebook Ahmad Sarwat Lc MA

Wednesday, June 3, 2020 - 08:45
Kategori Rubrik: