Jamin Kehidupan Nelayan, Ahok: Reklamasi Itu Total Untuk Rakyat

REDAKSIINDONESIA-Cagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyangkal anggapan dirinya hanya berpihak pada pengembang soal pulau reklamasi. Malahan, Ahok mengatakan sebenarnya seluruh hasil dari pulau reklamasi digunakan sepenuhnya untuk rakyat Jakarta.

Ahok menjelaskan nantinya semua tanah yang ada di pulau reklamasi, sertifikatnya atas nama Pemda DKI. Selain itu, para pengembang yang akan membeli tanah di pulau reklamasi akan dikenakan pajak yang tidak sedikit.

"Kan gue (saya) jelaskan, reklamasi itu total untuk rakyat kok. Bayangkan aja ya, seluruh pulau reklamasi hasilnya itu, sertifikat atas nama Pemda DKI loh," ujar Ahok usai debat pamungkas Pilgub DKI di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (12/4/2017) malam.

"Orang yang beli tanah di pulau reklamasi, setiap kali dia nyambung sertifikat, dia kena 5 persen dari NJOP (Nilai Jual Objek Pajak), bayar ke DKI lagi. Fasum (fasilitas umum), fasos (fasilitas sosial) hampir 48 persen rata-rata punya DKI. Yang sisa yang dia bisa jual, 52 persen, itu 5 persen gross (keuntungan) punya DKI juga. Terus tiap tanah yang bisa dia jual, dia dikenakan 15 persen dari NJOP. Untung banget kita," lanjutnya.

Menurut Ahok, nelayan juga akan diuntungkan dengan adanya reklamasi dan tanggul raksasa yang sedang Pemprov DKI bangun. Nantinya, kapal milik nelayan bisa bersandar di depan tanggul tersebut. Selain itu, di balik tanggul, akan dibangun komplek rusun milik nelayan.

"Justru nelayan kan sudah kita bilang, tanggul begitu jadi, kan kita lagi bikin tanggul 3,8 (meter). Semua nelayan, kapal sandar di depan tanggul. Lalu di balik tanggul itu, kan kita sengaja lebihkan tanah yang kaya (seperti) di Muara Baru kan lebih 10 hektare, itu semua tuh komplek rusunnya nelayan," kata Ahok.

Selain itu, cagub petahana ini juga akan menjamin kehidupan yang lebih baik bagi nelayan. Ahok akan memberikan store storage bagi nelayan untuk menyimpan hasil tangkapan mereka.

"Nggak mungkinlah (mendeskreditkan nelayan). Nelayan kita mau kasih dia store storage segala macam, sudah (kita) desain," tutupnya.**

Sumber: detik.com

Thursday, April 13, 2017 - 05:30
Kategori Rubrik: