Jalan Tanjung Morawa-Seribu Dolok-Tongging Mulus, Medan-Danau Toba Cuma 1,5 Jam

 REDAKSIINDONESIA-Untuk mendukung program Jokowi menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia dan Monaco Of Asia, Pemkab Simalungun, Sumut, menggelontorkan anggaran Rp 29,5 miliar untuk perbaikan jalan menuju Danau Toba.

“Selain dukungan dana untuk pembangunan infrastruktur, Pemkab Simalungun juga menyiapkan perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) agar sesuai dengan rencana yang sudah disusun pemerintah pusat, baik melalui kementerian, maupun Badan Otorita Danau Toba,” kata Kepala Bappeda Pemkab Simalungun, Mixnon Andreas Simamora seperti dilansir jpnn, Kamis (4/2/2016).

Menurutnya, sebenarnya pihaknya telah sejak lama menganggarkan dana untuk perbaikan infrastruktur jalan menuju ke Danau Toba. Bahkan sudah diusulkan beberapa ruas jalan supaya statusnya ditingkatkan sesuai dengan Rencana Kawasan Strategi Nasional (RKSN) Danau Toba.

Peningkatan status jalan ini nantinya juga diikuti dengan percepatan penuntasan akses jalan Tanjungmorawa-Saribudolok-Tongging (RAWASATING) dan Jalan Tanjungmorawa-Raya-Tigaras (RAWASARAS). Jadi, jarak tempuh Medan-Danau Toba hanya 1,5 jam.

Percepatan perbaikan beberapa ruas jalan susur pantai kawasan Danau Toba juga akan dilakukan agar wisatawan dapan menikmati keindahan alam dari pinggiran Danau Toba. Jalan susur pantai dimaksud adalah Jalan Salbe-Sipolha-Tanjung Unta Tigaras.

Mixnon menyebutkan, untuk menghindari kemacetan dan rusaknya jalan Pematangsiantar-Parapat, perlu perbaikan jalan alternatif Simpang Palang-Sipangan Bolon yang dikhususkan untuk truk. 

 

(Sumber: Medansatu.com)

Wednesday, July 20, 2016 - 21:30
Kategori Rubrik: