Jabang Bayik! Anak Fadli Zon ke Amerika Kursus Teater Minta Difasilitasi KJRI New York Selama Sebulan

REDAKSIINDONESIA-Beredar salinan faksimili surat permintaan fasilitas untuk putri Wakil Ketua DPR Fadli Zon ke KBRI Washington DC melalui KJRI New York. Dalam surat dengan kop Setjen DPR dan bernomor 27/KSAP/DPR RI/VI/ 2016 itu dikirimkan tanggal 10 Juni 2016 untuk putri Fadli Zon yang bernama Shafa Sabila Fadli.

 
"Dengan hormat kami sampaikan bahwa puteri Wakil Ketua DPR RI Bapak Fadli Zon yaitu a.n. Shafa Sabila Fadli akan melakukan perjalanan ke New York, Amerika Serikat untuk mengikuti Stagedoor Manor 2016 pada tanggal 12 Juni s.d. 12 Juli 2016," tulis surat tersebut dikutip merdeka.com, Senin (27/6).
 
Surat tersebut juga mencantumkan permintaan untuk putri Fadli Zon yaitu untuk dijemput dan didampingi selama berada di New York.
 
"Sehubungan dengan itu, kami mohon bantuan dari KBRI Washington melalui KJRI New York untuk penjemputan dan pendampingan kepada puteri tersebut selama berada di New York Amerika Serikat," tulis surat tersebut.
 
Surat tersebut ditandatangani oleh Kepala Biro KSAP Setjen DPR Saiful Islam.
Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di New York membenarkan adanya permintaan Wakil Ketua DPR Fadli Zon agar putrinya bernama Shafa Sabila Fadli diberikan fasilitas selama mengikuti kegiatan summer camp Stage Manor di Loch Sheldrake, Amerika Serikat. Dalam salinan surat faksimili yang beredar ditandatangani oleh Kepala Biro KSAP Setjen DPR Saiful Islam. 
 
"KJRI New York telah menerima surat dari Kepala Biro KSAP a.n. Sekretaris Jenderal DPR RI perihal Rencana Perjalanan Puteri Wakil Ketua DPR RI/Korpolkam ke AS no. 271/KSAP/DPR RI/VI/2016 pada 10 Juni 2016," kata Koordinator Fungsi Konsuler Sosial Budaya dan Protokol di KJRI New Yor, Benny YP Siahaan kepada merdeka.com, Senin (27/6) malam.
 
Benny mengatakan, surat tersebut menginformasikan rencana perjalanan Shafa Sabila Fadli ke New York pada tanggal 12 Juni sampai 12 Juli 2016 dalam rangka mengikuti summer camp Stage Manor di Loch Sheldrake dan meminta penjemputan dan pendampingan selama di New York. 
 
"Yang bersangkutan mendarat di New York menggunakan penerbangan Emirates no penerbangan EK 201 pukul 14.15 siang di Bandara JFK New York," ujar Benny.
 
 
Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, mengatakan pihaknya tidak menginstruksikan kepada Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York untuk menjemput ataupun mendampingi putri Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon, Shafa Sabila Fadli. “Dalam hal ini, tidak ada instruksi dari Kementerian Luar Negeri,” ucapnya lewat pesan pendek, Selasa, 28 Juni 2016.
 
Menurut Arrmanatha, perwakilan Indonesia di luar negeri sudah memiliki prosedur tetap terkait dengan aturan dan fasilitas bagi delegasi dan tamu dinas. Dengan catatan, kunjungan mereka resmi.
 
Sebelumnya, beredar surat permintaan fasilitas penjemputan dan pendampingan Shafa yang akan berkunjung ke New York. Rencananya, ia akan mengikuti Stagedoor Manor 2016 pada 12 Juni-12 Juli 2016. Dalam surat itu, tercantum pula jadwal dan rute penerbangan putri Shafa.
 
Sementara Fadli menyebut itu karena putrinya tiba di New York saat dini hari.

"Tidak ada pendampingan (saat di New York), tapi dibantu dijemput karena sampai di sana jam 02.00 pagi. Perempuan usia 18 tahun. Lalu diantar ke rumah orang Indonesia di sana," kata Fadli saat dikonfirmasi, Senin (27/6/2016).

Anak Fadli berada di New York selama 1 bulan pada 12 Juni-12 Juli 2016 untuk mengikuti kursus teater. Dia menyebut tidak ada bantuan lain dari KJRI di sana.

 
(Sumber: Detik/Merdeka/Tempo)
Tuesday, June 28, 2016 - 11:00
Kategori Rubrik: