Isu Pemerintah Jadi Penjamin Utang Lion Air Tidak Benar

Oleh: Nufransa WIra Sakti

 
 
Akhir-akhir ini beredar kembali berita tentang utang perusahaan penerbangan Lion Air.
 
Disebutkan bahwa 
pemerintah RI menjamin utang Lion Air. Berita tersebut sama sekali tidak benar. Selama ini, pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan Republik Indonesia tidak pernah menerbitkan garansi / surat penjaminan terhadap utang Lion Air. 
 
 
(Sumber: Facebook Nufransa Wira Sakti)
 
Dapat kami tegaskan bahwa jaminan pemerintah hanya diberikan untuk program-program/proyek-proyek pemerintah dan bukan kepada program/proyek swasta. Adapun transaksi yang dilakukan oleh Lion Air dengan perusahaan di Amerika Serikat untuk pembelian pesawat murni merupakan transaksi Business to Business, dan transaksi tersebut tidak melibatkan pemerintah sebagai salah satu pihak termasuk juga tidak sebagai guarantor. 
 
Selain itu, dalam pemberian jaminan suatu proyek, pemerintah selalu transparan dan mengungkapkannya dalam Nota Keuangan / APBN, sehingga sepengetahuan Dewan Perwakilan Rakyat.
 
Terkait dengan skema penjaminan melalui Export Credit Agency (ECA) sebagaimana yang diberitakan tersebut, dapat dijelaskan bahwa ECA mengeluarkan export credit guarantee yang biasanya disediakan oleh negara eksportir, dalam hal ini Amerika Serikat dalam transaksi ekspornya dan bukan oleh negara importirnya. Export credit guarantee merupakan asuransi yang disertakan oleh negara dimana perusahaan ekspor itu berada untuk mendukung ekspornya.
 
Secara keseluruhan, berita tersebut tidak benar dan menyesatkan. Pemerintah senantiasa mengelola APBN dengan mengedepankan transparansi sehingga selalu terjaga kredibilitasnya.
 
Jakarta , 3 November 2018
 
Saturday, November 3, 2018 - 09:45
Kategori Rubrik: