Istri Tempat Mendapat Pahala

Ilustrasi

Oleh : Darjo Pomo

Akhir-akhir ini kegalauan akut telah menyerang kaum muda milineal,menurut data yang di keluarkan oleh lembaga survay S.I.L.I.T [Sambungan International Langsung Indra Telepati] milik Kang Fadly Abu Zayyan. Penyumbang utama melonjaknya Jhones [Jomblo ngenes] di Indonesia salah satu penyebabnya adalah ketakutan para muda masa kini, "merasa" tak mampu dalam urusan financial dalam mengarungi bahtera Rumah tangga.

Seperti pagi ini dua tamu telah nyanggongi ndalem Mbah yai Naja di pinggiran kota Mojokerto.

" Assalamualaikum .. Kang.ma'af kalo boleh tahu kisanak ini siapa dan darimana ? " tanya Mbah Naja kepada tamunya yang sudah duduk lesehan di ruang tamu beliu.

" Waalaikum salam .. kami dari Jawa tengah Mbah,tepatnya Dari kota Cilacap. Nama Saya Ibnu dan teman saya mukhlis yii..." jawab tamu tersebut.

Tak beberapa lama kemudian Bunda Naja memanggil Mbah Naja,memberi isyarat bahwa kopi dan pisang goreng krispinya telah siap.
Dan setelah menikmati hidangan yang di suguhkan, Kang Ibnu dan KangMukhlis mengutarakan madsud pisowanan mereka.

" Anu .. Mbah.. kedatangan kami berdua,pertama silaturakhim yang keduanya minta do'a barokahipun serta nyuwun wejangan untuk mengobati ketakutan kami tentang pernikahan dalam hal ma'isyah..dan sekaligus minta aurod agar kami sukses dalam urusan duniawi dan akhirat." Kata Kang Ibnumewakili madsud mereka berdua.

Sebelum menjawab itu semua, Mbah Naja menyruput Kopi kentalnya...pyar-pyar di lidah,lalu di sulutlah filter kesayangan beliu. Mak buullll..... syahdu.

" Gini lho kang... Jodoh itu sama dengan Rizqi.

Sedangkan Rizqi itu ada 4 ;
1. ada yang memang bawaan.

وَمَا مِن دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُّبِينٍ

2. ada yang di bawa isteri.

وَأَنكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚ إِن يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِن فَضْلِهِ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ (32)

Maka baik-baiklah dengan istri, karena istri itu sumber rizqi.

3. Ada yang dibawa anak.

وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ ۖ نَّحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ ۚ إِنَّ قَتْلَهُمْ كَانَ خِطْئًا كَبِيرًا

Makanya ada istilah; banyak anak banyak rizqi. Kalau kyai rizqinya seret, tambah anak. Kalau orang awam bisa tambah pusing.

4. Ada yang karena ketaqwaannya. Dan ini yang paling luar biasa.

‏‏وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

Ada 2 yang bighairi hisab yaitu; taqwa dan sabar. Maka taqwa dan sabar itu bekal mengarungi bahtera keluarga. "Terang Mbah Naja sepanjang Keretatawang Jaya.

" Dan Dawamkanlah Al ikhlas 3 kali dan sholawat 3 kali sebelum masuk rumah,InsyaAlloh nggak bakal kekurangan beras " lanjut Mbah Naja.

" Nggih Mbah ...[hampir bersama'an] " jawab Kang Ibnu dan Kang Mukhlis.

Tepat pukul 08:00 Kang Ibnu dan Kang Mukhlis pamitan pulang dengan membawa secercah harapan serta senyum kedamaian.

Sumber : Status Facebook Darjo Pomo

Monday, October 9, 2017 - 22:00
Kategori Rubrik: