Ironi Pendidikan Tinggi & Gelar-gelar Luar Biasa itu

Oleh : Amirsyah Amisyah

Pendidikan yg pas-pas-an, kadang membuat saya minder dengan mereka yg memiliki pendidikan tinggi bahkan super tinggi dari Universitas dalam negeri apalagi luar negeri khususnya kampus-kampus bergengsi. Gelar-gelar mereka terlihat luar biasa hebat seperti Master anu, Doktor itu, hingga doble degree, triple degree, quadrable, decadegree, dst.

Tapi akhir-akhir ini saya sedikit terhibur. Ternyata gelar-gelar pendidikan yg hebat dari kampus bergengsi pun belum tentu menjamin ybs memiliki Critical Thinking dan bisa paham hal-hal yg seharusnya mudah dikuasai lantaran latar belakang keilmuan mereka dan atau profesi/pekerjaan mereka.

- Ada tokoh yg pendidikannya super tinggi dgn pengalaman bejibun, tetapi tidak paham tentang kartu kredit pemerintah yg sudah lumrah digunakan berbagai pemerintah negara di dunia.

- Ada ASN S2 Ilmu Ekonomi UI, yg percaya hoax bahwa Utang Indonesia berbahaya coz berasal dari China sehingga bergembira dengan kedatangan Raja Salman Arab Saudi yg dianggap akan menyelamatkan Indonesia dari cengkraman China.

Banyak lagi hal-hal lucu lainnya yg dilakukan kalangan terdidik di media sosial. Seringkali pendapat dan opini mereka menyalahkan, melecehkan atau mentertawakan kebijakan/program pemerintah, tapi mereka tidak sadar atas keasbunannya dan tampak jelas tidak paham apa yg dibahasnya.

Kejadian2 seperti ini dengan mudah ditemukan pada materi terkait ekonomi keuangan pemerintah, seperti: pajak (misalnya ada yg percaya orang mati dipajaki oleh negara.), utang negara (misalnya percaya dari Cina, negara bangkrut, dll), dana haji dipakai karena banyak utang, subsidi BBM, Bank Asing, Insfrastruktur, dan lain sebagainya. Bahkan hoax logo PKI dalam uang rupiah pun ada (banyak?) yg percaya walaupun mereka berpendidikan tinggi.

 

*Cuma status menghibur diri

#CriticalThinking #DukungDanAwasiPemerintahAgarPrudent

#Note: Promosi Coretan Iseng lama orang yg pendidikannya pas-pas-an tentang Kartu Kredit Pemerintah

 

Sumber : Facebook Amisyah Amirsyah

 

Thursday, March 29, 2018 - 15:15
Kategori Rubrik: