Iriana, Biasa Saja

ilustrasi

Oleh : Tommy Widjaja

Kebagian menulis essay di awal minggu tentang ibu Iriana, semula saya anggap enteng. Apa sih susahnya menulis tentang ibu negara, kan kita sering banget dengar kabar beliau. Masuk pertengahan minggu, masih blank. Mungkin sulit menulis di sela2 kesibukan imlek, pikirku.

Memasuki akhir minggu dan membaca beberapa tulisan keren teman2 tentang beliau, semakin membuatku panik. Beberapa aspek yang sempat berseliweran di kepala, sudah dikupas tuntas, koq sulit sekali merangkai kata dan kalimat atas topik ini. Sayapun merenung dan mencoba berpikir jernih.

Ibu Iriana adalah seorang wanita dan ibu rumah tangga yang biasa2 saja. Sebagai istri seorang tukang kayu, pengusaha meubel, walikota Solo, gubernur DKI, bahkan istri presiden sekalipun, beliau tak berubah, tetap biasa2 saja. Setelah membesarkan anak2, beliau masih memasak buat keluarga, menyapu dan membereskan rumah, serta mengerjakan segala pekerjaan rumah sebagaimana ibu rumah tangga pada umumnya.

Ternyata disinilah susahnya menulis tentang wanita yang biasa2 saja, tak banyak greget yang mampu menarik minat pembaca. Selain kesederhanaan dan kebersahajaan beliau saat membaur bersama warga tanpa memanfaatkan fasilitas istimewa yang bisa didapatkan dengan mudahnya sebagai first lady, hampir tak ada riak berarti dalam keseharian beliau.

Bahkan pakaian beliau sehari2, tergolong sama dengan para ibu rumah tangga Indonesia pada umumnya. Tak ada yang istimewa, malah terlalu sederhana, bagi ukuran seorang ibu negara. Barulah saat menemani presiden dalam acara tertentu, beliau tampil berkebaya, sangat Indonesia. Itupun bukan busana mahal punya, sangat biasa pokoknya.

Tapi sebagai istri dan ibu, Iriana termasuk wanita sempurna. Sukses mendidik dan membesarkan anak2 serta mampu menjadi pendamping yang hebat bagi suami, sungguh wanita idaman setiap lelaki di negeri ini. Setelah Jokowi membelalakkan mata kita bahwa siapapun bisa menjadi presiden, Iriana mengajarkan bahwa siapapun bisa menjadi istri presiden.

Memiliki rumah tangga yang demikian harmonis, Jokowi tak punya beban, sehingga dapat lebih fokus membangun negeri dan mensejahterakan rakyatnya.

#AkuIriana170419TDH..

Sumber : Status Facebook Tommy Widjaja

Sunday, February 10, 2019 - 13:15
Kategori Rubrik: