Internet Sehat

Ilustrasi

Oleh : Vaya Arina

November hampir berlalu, saya hampir lupa cerita obrolan kami tentang nilai-nilai kepahlawanan saat itu.

Mengingat perasaan trenyuh saat saya melihat mas Yusuf Ichsan yang sudah stand by di lokasi 1,5 jam sebelum jadwal, setelah berkendara 2 jam naik motor; juga kang Reezafattah Putra Kang Guru yang menyempatkan diri hadir meskipun ada yang harus diurus di rumah sakit, rasanya sungguh sayang jika saya tidak menuliskan obrolan ini meski singkat.

Kami mencoba urun pendapat tentang apa yang bisa kami teladani dari para pahlawan.

~ Pahlawan itu berani bermimpi besar dan berani ambil tindakan untuk mewujudkan mimpi itu dengan segala modal yang ada.

~ Pahlawan itu rela mengorbankan kenyamanan dirinya demi kenyamanan orang lain.

~ Para pahlawan mengesampingkan segala perbedaan dan bahu-membahu demi mencapai tujuan bersama.

Nilai-nilai ini amat sangat relevan untuk diteladani dan diterapkan di era yang kami sebut sebagai penjajahan informasi. Mengapa kami sebut penjajahan? Di era post truth ketika hoaks menjamur dan pelintiran kebencian merajalela, produsen hoaks dan buzzer politik memiliki power yang amat besar dalam mengarahkan opini publik, mempengaruhi keputusan orang sesuai dengan kepentingan mereka. Padahal tanpa disadari keputusan-keputusan itu merugikan diri sendiri. Lebih dari itu, hak-hak masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar dicederai.

Dalam konteks penjajahan informasi ini, bagaimana cara kita meneladani nilai-nilai kepahlawanan?

~ Meskipun terasa utopis, kita harus berani bermimpi bahwa hoaks dapat diberantas. Tak hanya bermimpi, kita juga harus mau berkontribusi dengan apapun yang kita miliki. Minimal dengan membangun imunitas diri (daya kritis, prasangka baik, dan rajin silaturrahmi)

~ Merelakan waktu, pikiran, dan tenaga untuk berkontribusi dengan cara menjalankan disiplin verifikasi, mengklarifikasi, menyebarkan klarifikasi tersebut pada masyarakat, mengedukasi, dan melaporkan produsen dan penyebar hoaks melalui saluran-saluran terkait.

~Bekerjasama, mengesampingkan segala perbedaan, bergandengan tangan dengan semua pihak untuk mewujudkan Indonesia yang damai dan sehat, sebagaimana dicita-citakan oleh para pahlawan.

Salam Internet Sehat!

Sumber : Status Facebook Vaya Arina

Sunday, December 2, 2018 - 12:00
Kategori Rubrik: