Ini Sebab Jokowi Termasuk Pemimpin Dunia Paling Efektif

Oleh : Axtea 99

Snapchat adalah platform Media Sosial (Medsos) yang paling cepat berkembang, dimana menurut statistic teranyar, hampir dua pertiga dari para penggunanya yang berusia antara 13 dan 24 tahun menjadikannya sebagai platform utama untuk menjangkau audiens muda. Hal ini dimanfaatkan oleh para pemimpin pemerintah untuk mulai mengatur akun pada platform tersebut untuk menjangkau pemimpin masa depan.

Dewasa ini Medsos telah menjadi alat diplomasi penting yang telah merubah renungan untuk menjadi pikiran pertama dari para pemimpin dunia dan pemerintah di seluruh dunia, yang audiensnya ber-duyun ke newsfeeds mereka untuk mendapatkan berita terbaru yang membawa gelombang keterbukaan dan trasparansi yang belum pernah dialami sebelumnya. Medsos ini menyediakan platform untuk komunikasi tanpa syarat, dan telah menjadi alat komunikator yang paling kuat. Twitter, merupakan salah satu Medsos terpopuler bahkan telah menjadi barometer diplomatik sebagai alat yang digunakan untuk menganalisis dan meramalkan hubungan internasional.

 Namun demikian masih ada kesenjangan pertumbuhan digital antara pemerintah yang aktif di Medsos dengan tim yang berdedikasi yang melihat keterlibatan digital sebagai renungan dan hanya menggunakan sedikit sumber daya untuk itu. Masih ada sejumlah kecil pemerintahan yang menolak untuk merangkul dunia digital baru, namun manajer komunitas mereka tetap berjuang untuk membawa organisasi mereka ke abad digital.

 Sepanjang tahun 2015, para pemimpin dunia yang paling popler di Medsos terus meningkatkan audiens nya, dan para pemimpin baru pun bermunculan dalam Twittesphere. Para pemimpin dunia seperti Mauricio Macri, Argentina, Justin Trudeau, Argentina dan Barack Obama , Amerika Serikat adalah para pemimpin yang telah membuat dampak signifikan di Twitter dan Facebook.

Tanggal 1 Juni 2016, Twiplomacy, memberikan keterangan resmi dan menyebut Presiden Jokowidodo (Jokowi), memiliki pengikut sebanyak 5.08 juta dengan rata2 1.224 retweet. Padahal Jokowi pernah menon aktifkan aktivitasnya di Twitter, kemudian mengaktifkan kembali menjelang masa kampanye Pemilihan Umum di tahun 2014, sehingga Jokowi termasuk salah satu pemimpin dunia yang paling efektif menggunakan media Twitter sebagai alat komunikasi dengan audiensnya di seluruh dunia. Jokowi telah menggunakan akun Twitter sebagai media utama sejak resmi menjabat sebagai Presiden untuk berbagi informasi kinerja pemerintah dalam bidang pembangunan, keamanan, hukum, social, politik dan budaya. Menurut kajian Twiplomacy, akun pemimpin yang paling efektif adalah milik Presiden AS Barack Obama dengan rata2 12.359 retweet.

 Kita patut bangga karena memiliki seorang Presiden visioner pada sosok Jokowi yang cerdas mengamati perkembangan teknologi di era digital ini dan memanfaatkannya secara efektif untuk kepentingan bangsa dan Negara. Bravo Jokowi!!** (ak)

Sumber : kompasiana.com

Thursday, June 2, 2016 - 07:00
Kategori Rubrik: