Ini Realisasi Janji Jokowi Saat Capres

Ilustrasi

Oleh : Damar Wicaksono

• ESEMKA

Masih lanjut proses riset, produksi dan uji

**

• Monorail JAKARTA

Tiang2 yang berdiri di Rasuna Said dan Asia Afrika itu sebenernya sudah stop sejak 2007 (akhir periode bang Yos).

Saat Jokowi menang pilgub 2012, Pak Edwin Soeryadjaya ingin melanjutkan proyek monorail tsb. Gubernur Jokowi mengijinkan dengan 2 syarat: tanpa APBD dan jaminan pemerintah.

Pak Edwin ndak bs memenuhi tenggat. Gubernur Jokowi memilih meresmikan batu pertama MRT trase 1 dan saat menjadi Presiden meresmikan 3 ruas proyek LRT Jabodebek

Tentang tiang itu sendiri..
Saat ini menjadi milik Pemprov. Ngga tau gubernur baru mau ngapain dgn tiang2 itu. Mgkn saja dihancurkan.. hhe

**

• JAKARTA bebas macet

Proyek2 besar (MRT, LRT, 6 flyover/underpass, simpang susun Semanggi dll) dalam 3 tahun ini salah satunya dilakukan untuk mengurangi macet Jakarta. Pembangunan proyek2 itu menyebabkan kemacetan yang lebih parah.

Apa dengan proyek2 itu Jakarta akan bebas macet?

TIDAK MUNGKIN..
Yang bisa dilakukan oleh pemimpin manapun di Jakarta adalah MEMBERI ALTERNATIF moda transportasi. Juga membatasi kendaraan untuk lewat.

TIDAK MUNGKIN kota metropolitan bebas macet. Cek saja di seluruh dunia. Kecuali penjualan mobil dilarang sama sekali

**

• JAKARTA Bebas Banjir

Sama seperti janji sebelumnya, Jokowi tidak menjanjikan kata BEBAS, tapi MENGURANGI macet dan banjir.

Setelah 5 tahun Jokowi-Ahok, titik banjir di Jakarta berkurang dari 2000an titik menjadi 80an titik. Dengan beragam cara, termasuk menggusur eh merelokasi warga bantaran

Kalo ngga percaya bahwa gubernur Jokowi-Ahok bekerja keras, tanya saja gubernur baru yang bernafas lega saat awal taun ini tak mengalami banjir yg masif.

**

• Memimpin Jakarta 5 tahun

Kalo yang ini saya ngga punya jawaban. Karena tak ada aturan yang melarang. Secara hukum Jokowi sudah trpilih sebagai Presiden. Penggantinya di Jakarta, Ahok, secara teknis bekerja lebh baik dari Jokowi

**

• Tol Bawah Tanah

Ini betul. Belum terealisasi. Sebabnya adalah pemprov DKI sedang fokus membenahi bantaran, normalisasi sungai dan membangun MRT-LRT.

Bahkan mungkin proyek ini ngga akan dikerjakan. Ngapain?? Mending mbangun LRT berbagai rute di bawah tanah.. mosok mbangun akses buat mobil terusss.. hhe

**

• Mobil Dinas tanpa pengawal

Jokowi melakukannya di Balaikota Solo dan Jakarta. Saat menjadi Presiden, prosedur Paspampres tidak membolehkannya bertindak seenaknya

**

• Pemimpin Merakyat Sederhana

Perlu dijawab? 
Perlu dibandingkan dengan Prabowo, Yusril, Amien Rais atau?? 

**

• Kabinet Ramping

Kabinet Jokowi berstruktur sama dengan kabinet zaman Rezim SBY. Tapi ada puluhan lembaga yang dilikuidasi dalam 3 tahun ini. Tujuannya efisiensi

**

• Tidak Bagi-bagi Kursi

Saya sepakat bahwa Jokowi akhirnya tak bisa menghindar dari realitas politik.

Tapi harus dicatat, dari 36 posisi kabinet, hanya 17 yg dari parpol.

• Bukan Boneka Mega

Jelas Jokowi menunjukkan ia adalah seorang pemberani

Apa masih kurang bukti??

Case Jenderal BG. Atau permintaan Bu Mega memecat Rini Sumarno yang tak dilakukannya. Bahkan Jokowi membuat Presiden SBY bisa berfoto bersama Bu Mega saat 17an 2017.

**

• Ekonomi Kreatif

Wah wah. 3 taun ini ekonomi kreatif bahkan menjadi fokus besar Presiden. Bahkan ada 1 badan khusus dengan tujuan meningkatkan manfaat ekonomi dan sosial dari ekonomi kreatif lewat BEKRAF

**

• Drone

Rak penting dibahas 

**

• Tol Laut

BACA makanya BACA BACA BACA

Udah gitu aja 

**

• Dana Desa 1 M

Dalam 3 tahun trakhir, Dana Desa diberikan dalam kisaran angka 700-850jt. Khusus desa trtinggal dan trluar, angkanya menjadi 3-3,5 M.

Nanti APBN 2019, dana desa akan menjadi 1 M per desa

**

• Mempersulit investasi asing

Waduuuh. Kalo Jokowi melakukannya, saya bahkan akan menentangnya, walo saya pendukungnya.

Mau buka lapangan kerja darimana tanpa PMA? Yang bener aja. Dan janji Jokowi tidak tepat seperti itu

Yang perlu dilakukan adalah meningkatkan transparansi, mempermudah perijinan dan dijamin bebas suap dan katebelece. Itu dilakukan Presiden Jokowi

**

• Paham tentang Tempat Lahir Proklamator

Rak penting

**

• Sebelum Tanda Tangan Baca Dulu

Ya iyalah..
Masalah kemudian ada beberapa kesalahan, ya udah sih, maafin aja. 

**

• Ogah Utang Luar Negeri

Sebagian besar angka dana masuk dari luar negeri adalah lewat SUN. Wes ngunu wae

**

• Tidak Melemahkan KPK

Lha.. Iya kan? 
Emang Jokowi TIDAK melemahkan KPK. Jokowi sangat support kerja KPK. Pansus di DPR saja akhirnya letoy


**

• Buyback Indosat

Untuk yang ini, dulu syaratnya adalah membaiknya ekonomi dunia dan pertumbuhan ekonomi kita di atas 7%.

Lagipula, kalo sy jd Presiden, Indosat bukan prioritas saya 

**

• 1 Dolar di bawah 10rb

Nah ini saya setuju janjinya belum ditepati

**

• 10jt lapangan kerja

Ini syaratnya jga pertumbuhan ekonomi harus di atas 7%. Dengan rata2 pertumbuhan 5,1%, Indonesia dipandang sudah sangat baik karena gejolak harga minyak dan ekonomi dunia yang lesu

Sampe 2017 alias 3 tahun, data BPS, sudah trcipta 3,6jt lapangan kerja. Jika angkanya stabil, diprediksi akan trcipta 6jt lapangan kerja selama 5 taun periode pertama Jokowi. Not bad jika melihat ikhtiar peningkatan translaransi dan good governance dalam rezim Jokowi

**

• September Meroket

Ya udah khusus yang ini, diiyain aja deh biar seneng, ini dijadiin bahan kampanye sampeyan aja mas dan mbak oposisi 

Sumber : Status Facebook Damar Wicaksono

Sunday, April 22, 2018 - 14:15
Kategori Rubrik: