Ini Pilihan 3 Jalur Alternatif Untuk Hindari Macet Arus Balik

REDAKSIINDONESIA-Gelombang arus balik mulai terasa pada Jumat (8/7). Diperkirakan, puncak arus balik pada hari ini, Sabtu (9/7) dan Minggu (10/7). Kakorlantas Polri, Irjen Pol Agung Budi Maryoto memberikan tiga opsi jalur yang bisa dilewati untuk arus balik agar masyarakat tidak terjebak kemacetan panjang.

"Silakan pilih jalan ada tiga. Pantura (non tol), Cipali (tol) atau jalur selatan. Tapi khusus jalur Selatan saya ingatkan jalurnya memang kecil dan berkelok," ungkap Agung Budi diJakarta, Jumat (8/7).

Dia kembali berjanji menggratiskan tarif tol jika terjadi kemacetan panjang hingga 5 km. Agung menjelaskan penyebab kemacetan yang terjadi saat arus mudik kemarin disebabkan kendala-kendala di jalur arteri. Salah satu contoh, beberapa jembatan yang masih dalam perbaikan. Pengemudi pasti mengurangi kecepatan dan melambat, hingga ekornya sampai Brebes.

Persoalan kedua, ada beberapa pelintasan kereta sebidang di mana setiap 20 menit palang pintu kereta ditutup dan otomatis kendaraan melambat. Faktor lainnya, adanya pasar tumpah. Karena itu, arus balik nanti diperkirakan tidak 'horor' seperti saat arus mudik.

"Jadi karakteristiknya berbeda. Pada saat arus balik nanti, mereka sudah pelan-pelan karena berbagai hambatan tadi, sesudah masuk tol, ada highway, jadi bebas hambatan," jelasnya.(merdeka.com) **

Saturday, July 9, 2016 - 13:45
Kategori Rubrik: