Ini Dia Sosok Penerjemah Presiden Jokowi dalam Kunjungan Raja Salman

REDAKSIINDONESIA-Siapakah penerjemah yang selalu mengintil di belakang Presiden Jokowi saat kunjungan Raja Salman? Dia adalah Muchlis Muhammad Hanafi.

Saat Raja Salman turun dari eskalator pesawat, Muchlis langsung mendampingi Jokowi. Ketika Raja Salman diperkenalkan kepada delegasi Indonesia, Muchlis selalu berada di sebelah Jokowi.
Di Istana Bogor, Muchlis juga tak bisa jauh-jauh dari Jokowi. Ia-lah penyambung informasi di antara kedua kepala negara tersebut.
 

Pertanyaan kemudian muncul, siapakah sosok Muchlis Hanafi?
Dikutip dari Jakarta.go.id, Muchlis adalah ulama Betawi berusia muda yang dikenal sebagai pakar tafsir AI-Quran. Saat ini ia menjabat sebagai Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al Quran (LPMQ) Balitbang-Diklat Kementerian Agama.
Selain itu, Muchlis juga mengajar di program Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ia juga menjabat sebagai seorang Manajer Program di Pusat Studi Al-Quran (PSQ) dan Konsultan Kerjasama Luar Negeri (Timur Tengah). 
Muchlis merupakan lulusan dari Universitas Kairo di Mesir. Pada usia 35 tahun, putra pasangan H. Muhammad Hanafi dan Hj. Siti Cholis ini sudah berhasil meraih gelar Doktor dari Universitas Al Azhar, Kairo
Sejak kecil Muchlis memang dididik oleh ayah dan ibunya dengan pendidikan Islam. 
Sejak duduk di bangku sekolah dasar, setelah pulang sekolah, siang hari ia mengaji di sebuah madrasah. Selepas maghrib sampai waktu isya, ia mengaji khusus AI-Quran.
Setelah lulus sekolah dasar, Muchlis melanjutkan pendidikan ke KMI (Kulliyatul Muallimin al-Islamiyyah) Pondok Modern Gontor. Setelah mendapat izin orang tua pada tahun 1983, ia mengikuti tes masuk ke Pondok Modem Gontor dan akhirnya lulus.
Selepas "nyantri" di KMI Pondok Modern Gontor selama enam tahun (Tsanawiyah dan Aliyah), Muchlis kemudian memperdalam ilmunya dengan "nyantri" di Pesantren Tinggi Ilmu Fiqih Bangil (1989-1990) dan PP. Tahfizh al-Quran Sunan Pandanaran, Yogyakarta (19901992).
Selama tiga belas tahun (1992-2006), Muchlis Hanafi baru secara serius mematangkan studinya dalam bidang Tafsir AI-Quran di Universitas AI-Azhar, Kairo, Jurusan Tafsir dan Ilmu-ilmu AI-Quran.

Thursday, March 2, 2017 - 15:15
Kategori Rubrik: