Infrastruktur

ilustrasi

Oleh : Aldira Maharani

Kemarin ada teman Projo yang tanya,

"Mbak Dira, Apakah pembangun infrastruktur yang merata di berbagai daerah akan berdampak positif bagi kemajuan sebuah bangsa?"

"Saya jawab dipostingan saja pertanyaannya supaya dibaca teman Projo yang lain."

Begini,

"Infrastruktur itu powerful dan pembangunan Infrastruktur akan terintegrasi dengan pariwisata, ekonomi, bisnis, pendidikan, budaya.

Bahkan infrastrukur juga akan menggiring kita untuk menjadi masyarakat yang produktif.

Jangan melihat infrastruktur dari kacamata dangkal, bahwa itu hanya menguras dana. Kita bicara tentang perubahan wajah hidup bangsa kedepan."

Saya ambil contoh, Negara Korea maju setelah perang karena pembangunan dimulai dari infrastruktur dulu.

Secara Sumber Daya Alam negara mereka sangat minim dan sedikit sekali. Hasilnya dengan pembangunan infrastruktur yang merata mereka berhasil meningkatkan Sumber Daya Manusia yang mumpuni.

Terlebih lagi, posisi Sumber Daya Manusia disini merupakan subjek vital yang menentukan mampu tidaknya Visi Indonesia 2030 diwujudkan.

Setidaknya ada beberapa target pencapaian utama dari Visi Indonesia 2030 tersebut, Dan salah satu targetnya adalah menjadikan negara ini maju dan unggul dalam pengelolaan kekayaan alam.

Analogi sederhananya, tentu kita semua tahu Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan Sumber Daya Alam, tetapi ketika Sumber Daya Manusia Indonesia tidak dapat mengolahnya secara baik, hal itu juga menjadi percuma.

Dengan adanya pembangunan infrastruktur yang merata, maka akan banyak manfaat untuk kesejahteraan masyarakat dan menjadi faktor pendorong roda penggerak pertumbuhan ekonomi.

Sedangkan dalam konteks ekonomi mikro yang saya pahami dan punya basic memahami dasar tentang filosofi ekonomi dan perbankan, ketersediaan jasa pelayanan infrastruktur berpengaruh terhadap pengurangan biaya produksi.

Infrastruktur juga berpengaruh penting bagi peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia,

Antara lain : Dalam peningkatan nilai konsumsi, peningkatan produktivitas tenaga kerja dan akses kepada lapangan kerja, serta peningkatan kemakmuran nyata dan terwujudnya stabilisasi makro ekonomi, yaitu keberlanjutan fiskal yang dilakukan oleh pemerintah dengan cara meningkatkan atau mengurangi pendapatan dan belanja negara untuk mencapai tujuan yang diharapkan, seperti mengurangi jumlah penganguran atau mencapai pertumbuhan ekonomi yang sudah ditargetkan, berkembangnya pasar kredit, untuk mendukung kelancaran aktivitas ekonomi masyarakat, serta mendorong distribusi aliran produksi barang dan jasa.

Pertumbuhan ekonomi yang positif akan mendorong peningkatan kebutuhan akan berbagai infrastruktur.

Perannya sebagai penggerak di sektor perekonomian mampu menjadi pendorong berkembangnya sektor-sektor terkait sebagai multiplier dan pada akhirnya akan menciptakan lapangan usaha baru dan memberikan output hasil produksi sebagai input untuk konsumsi.

Mengapa saya dukung dan sangat ingin Jokowi menang? karena membangun sebuah bangsa itu tidak mudah.

Dan saya yakin kalau beliau kembali terpilih, beliau akan melanjutkan pembangunan berkelanjutan.

Intinya adalah, Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu komponen penting yang akan menentukan keberhasilan pembangunan sebuah bangsa.

Sumber : Status Facebook Aldira Maharani

Tuesday, March 5, 2019 - 07:45
Kategori Rubrik: