Infrastruktur Kata Kuncinya

ilustrasi

Oleh : Desrinda Syahfarin

Belajar dari Pakistan yang sebentar lagi akan didanai China membangun pelabuhan terbesar di Gwadar dalam program One Belt Road, sudah tepat pemerintahan Presiden Joko Widodo gencar meningkatkan infrastruktur di seluruh pelosok negeri.

Buat saya, perubahan industri dari 1.0 ke 2.0 ke 3.0 ke 4.0 itu hanya di segi produksi, pemasaran dan pembayaran. Sistem transportasi dan distribusi tidak berubah banyak dari zaman Firaun mengangkut batu-batu untuk membangun piramida karena kita bukan Harry Potter yang bisa memindahkan barang secara magic. Go-Jek hanya memperkenalkan teknologi memanggil dan membayar tukang ojek, si pengemudi sendiri nggak akan tergantikan. Kita masih kirim barang pakai JNE, entah kapan bisa aman pakai drone tanpa diketapel anak-anak.

Dulu di abad ke-15, dibilang "siapa menguasai laut akan menguasai dunia". Lalu di abad ke-20, dibilang "siapa menguasai informasi akan menguasai dunia". Nah, sekarang negara-negara seperti China berjuang untuk menguasai infrastruktur jalur distribusi darat demi menguasai dunia. Rusia dulu berusaha menguasai Afghanistan (1979-1989) pun demi mendapatkan jalur distribusi melintasi Benua Asia (secara letaknya di utara bumi itu jauh dari mana-mana).

Ayo dukung Pak Jokowi melanjutkan kerja membangun infrastruktur, mengaspal jalan dari Sabang sampai Merauke, untuk lima tahun lagi...karena cuma begitulah menjadikan pemerintahan NKRI benar-benar berdaulat di Tanah Air.

#JokowiLagi

Sumber : Status Facebook Desrinda Syahfarin

Wednesday, January 30, 2019 - 22:00
Kategori Rubrik: