Infrastruktur Jembatan, Penyambung Hati Rakyat

Oleh: Ricky Apriansyah

Tahukah Anda? Selama empat tahun terakhir, pemerintah  Republik Indonesia gencar membangun jembatan. Dengan adanya jembatan jembatan ini diharapkan dapat menunjang arus logistik, konektivitas hingga transportasi.

Jembatan-jembatan dibangun agar kota-kota dan desa-desa tersambung. Rakyat yang tinggalnya tersebar di berbagai penjuru Tanah Air dapat  saling terhubung. Hasil bumi bisa  lebih mudah diangkut dari satu tempat ke tempat lainnya. Saudara-saudara sebangsa bisa lebih mudah bertemu, merasakan kehangatan rasa dan hati.

 

 

 

Jika disambung-sambungkan, panjangnya 41.063 meter. Lebih dari 41 kilometer!  Beberapa menjadi ikon daerah seperti Jembatan Holtekamp di Jayapura dan Jembatan Kali Kuto di ruas tol Batang-Semarang.

Ada lagi jembatan Merah Putih diresmikan pada bulan April 2016 dengan nilai kontrak sekitar Rp 875 miliar. Proyek ini dikerjakan oleh konsorsium, salah satunya  Waskita Karya. Jembatan yang membelah Teluk Ambon ini dibangun dengan tipe Cable-Stayed Double Pylon dengan bentang total 1.140 m dan tinggi mencapai 34,1 m di atas permukaan laut.

Jembatan terpanjang di Indonesia timur ini dibagi menjadi 3 bagian, yang terdiri dari jembatan pendekat Poka (Poka approach bridge) sepanjang 520 meter kemudian jJembatan pendekat Galala (Galala approach bridge) sepanjang 320 meter dan jembatan utama (main bridge) sepanjang 300 meter.

Percepatan pembangunan infrastruktur yang bersifat Indonesia sentris memang merupakan keharusan. Apalagi infrastruktur yang tidak memadai tidak akan memiliki daya tarik bagi investor. Fokus pada prioritas infrastruktur adalah wajib. Tidak bisa ditawar lagi. Baik yang namanya pelabuhan, tol, jembatan sudah merupakan prasyarat yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Jembatan-jembatan itu dan juga jembatan gantung yang dibangun di pelosok-pelosok, telah memudahkan hidup rakyat. Walau ada yang bilang masyarakat tidak makan infrastrukur. Mungkin mereka lupa,bahwa berkat infrastruktur yang salah satunya berupa jembatan, masyarakat dimudahkan mendapat logistik makanan.  Sudah menjadi tekad pemerintah RI di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi untuk menyediakan infrastruktur yang baik bagi seluruh rakyat, menuju Indonesia maju.

Wednesday, March 13, 2019 - 18:45
Kategori Rubrik: