Infrastruktur Jalan dan Jembatan Siap Dilalui Pemudik

REDAKSIINDONESIA- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melakukan tinjauan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan untuk Jalur Lebaran 2016. Wilayah jalur mudik yang ditinjau antara lain Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Bali, Kalimantan Selatan-Kalimantan Timur, dan juga Sulawesi Selatan.

“Semua jalur mudik dalam kondisi siap dilalui pemudik. Pekerjaan (pembangunan dan perbaikan jalan) juga akan dihentikan pada H-30 Lebaran,” tutur Staf Ahli Menteri PUPR Bidang keterpaduan Pembangunan, Danis H Sumadilaga, usai Rapat Koordinasi Angkutan Lebaran 2016 di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta, Jumat (27/5).

Beberapa hal yang dilakukan untuk menambah kenyaman para pemudik dan mengurangi kemacetan antara lain dengan membuka jalan tol Ruas Pejagan-Pemalang yang akan dibuka hingga Brebes Timur dan juga pembangunan jalan lingkar Sumpiuh untuk mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di perlintasan rel kereta api di Sumpiuh.

Kementerian PUPR seperti juga di tahun-tahun sebelumnya, menyiapkan posko-posko alat berat dan petugas untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam pada masa mudik Lebaran 2016.  Pemerintah saat ini juga sedang berkoordinasi dengan operator jalan tol untuk mengatur waktu penggunaan tempat istirahat.

“Rencananya akan dibuat waktu maksimal berhenti di tempat istirahat agar dapat digunakan secara bergantian dan tidak menimbulkan penumpukan kendaraan di tempat istirahat,” ujar Danis.

Dia menambahkan bahwa kekurangan jumlah toilet di tempat istirahat juga merupakan salah satu penyebab lamanya pemudik singgah di tempat istirahat. Oleh karenanya akan diusahakan penambahan toilet mobil di tempat istirahat saat arus mudik Lebaran berlangsung.

Pemerintah juga akan melakukan penggabungan (integrasi) sistem pembayaran dua jalan tol, yakni Jakarta-Cikampek dan Cikopo-Palimanan, berlaku mulai 13 Juni 2016. Sistem pembayaran akan menggunakan sistem tertutup, yakni pengguna jalan tol membayar di tempat keluar tol. Selain itu, setiap gerbang tol juga akan dilengkapi dengan alat pembayaran elektronik untuk mempercepat waktu transaksi.(pu.go.id) ** (ak)

 

Sunday, May 29, 2016 - 06:30
Kategori Rubrik: