by

Inferiority Feeling

Oleh : Eddy Sinang Trenggono

Mengapa Pak Jokowi selalu meminta kita jangan lagi merasa inferior, minder dan jangan lagi masih merasa inlander ( seperti juga yang sering diteriakkan oleh Bung Karno) Karena perasaan inferior dan rendah diri sering menimbulkan rasa dizolimi, mudah menimbulkan pikiran pikiran negatif, kecurigaan , prasangka jelek dan sering menyalahkan pihak lain. Sebaliknya orang /masyarakat yang punya rasa percaya diri biasanya berpikiran positif.

Tidak mudah untuk mencari kambing hitam dan mampu menerima kritik dan mengevaluasi diri dengan mudah. Tidak mudah baper. Ini berlalu untuk manusia secara individu maupun secara kelompok.Perasaan yang sensitif mudah baper dan pikiran yang mudah berprasangka buruk lebih banyak muncul dari individu /kelompok /masyarakat yang punya rasa minder atau inferior tinggi. Bahaya nya individu /kelompok ini mudah dihasut dan ngamuk. Misalnya jika nasib hidup kita belum membaik, untuk orang yang inferior dan merasa terzolimi, mudah menyalahkan bahwa penyebabnya adalah pihak luar dirinya. Ia marah dan dendam pada pihak luar.

Padahal penyebab terbesarnya ada pada dirinya yang kurang ulet. Pada peristiwa peristiwa kerusuhan massal, orang orang seperti ini berkumpul dan merasa mendapat jalan keluar untuk pelampiasan dendam dan amarahnya. Jadi bisa dibayangkan bagaimana kehancuran yang ditimbukan. Individu dan kelompok seperti ini mangsa bagi toxic people atau provokator yang memang tidak suka suasana damai dan tidak suka kita bersatu.

Provokator cerdik, mereka selalu memprovokasi bahwa kondisi semakin buruk, negara akan hancur, orang asing dan aseng akan menguasai negara, kita kelompok yang kalah, kita tersisih, kita dizolimi. Setelah itu tertanam dan menimbulkan kemarahan, ia menyetir mengarahkan pelampiasan kebencian dan kemarahan pada suatu tujuan.yang ia cap sebagai penyebab kejelekan nasib atau penderitaan mereka ( sesuai skenarionya) Begitu kan yang terjadi selama ini?

Provokasi provokasi seperti Ini tidak mempan terhadap individu/kelompok /masyarakat yang punya rasa percaya diri tinggi, berpikiran optimis, merasa bersyukur dan bangga terhadap diri dan bangsanya. Ayo bersyukur dan banggalah kita jadi anak Indonesia yang keren 🇮🇩🇮🇩💪

Sumber : Status Facebook EddySinangTrenggono/

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed