Indonesia Selamat, Indonesia Keren

Oleh: Setyo Hajar Dewantoro

 

Menyelesaikan issue pandemi ini memang harus bertahap. Termasuk dalam aspek pemulihan ekonomi. Yang pasti kita layak bersyukur, sinyal untuk kepulihan itu semakin kuat. Kebijakan dari Presiden RI menjadi penanda bahwa segera memasuki fase gerak cepat pemulihan ekonomi, dalam kondisi kita stabil secara politik, dan dampak di bidang kesehatan juga sangat minimal. 

Seperti sering saya tegaskan di masa lalu, issue ini memang pasti bisa segera dibereskan. Penandanya tanggal 8 Mei 2020 blocking pada jalur transportasi udara mulai dibuka, pergerakan masyarakat mulai terjadi dan ekonomi mulai menggeliat. Saya tidak asal meramal, semua variabel saya perhatikan. 

 

Dalam issue pandemi ini, sebetulnya variabel kunci adalah aspek politik. Ada beberapa pihak yang ingin issue pandemi ini tak selesai, dan dijadikan tunggangan baik untuk memenuhi hasrat politik atau hasrat bisnis mereka. Untuk membuat kebijakan yang benar dan pro rakyat, harus dipastikan kelompok seperti ini bisa ditanggulangi. Di akhir Maret 2020, kelompok ini terbilang solid. Situasi RI terbilang kritis Mereka menggiring RI untuk melakukan lockdown sebagai pintu masuk untuk pengambilalihan kekuasaan karena dipastikan Indonesia bakal rusuh. Hingga kemudian ada gerak semesta yang melumpuhkan kekuatan ini. Saat ini, kelompok ini terbilang telah ada di level kekuatan yang tak membahayakan. 

Di Indonesia ini ada variabel X yang tak bisa dibaca dengan gampang apalagi oleh mereka yang sekadar punya gelar akademis. Variabel X ini justru paling menentukan. Dari sini kita selamat. Bahkan mendapat berkah tersembunyi, ada konsolidasi pemerintahan dan kenegaraan yang tak terpikirkan sebelumnya. Saya sangat mengerti soal yang satu ini, maka segala ramalan destruktif baik dari kalangan politisi, akademisi khususnya ahli epidemi, dan media mainstream, saya abaikan dan saya nyatakan TAK BERLAKU. 

Republik Indonesia siap melangkah menuju gerbang keemasannya, dalam komando Sang Satria Pambukaning Gapura dan didukung jiwa patriotik yang tanpa kompromi. Rasakanlah, ada spirit ketangguhan Mahapatih Gajah Mada yang sedang bekerja menyelamatkan negara ini.

 

(Sumber: Facebook Setyo Hajar Dewantoro)

Sunday, May 17, 2020 - 05:30
Kategori Rubrik: