by

Indonesia Pasca Jokowi Bakal Suram

Oleh: Budhius Ma’ruff

Belum ada yang menyerupai Jokowi kemampuan nya dalam mengelola Indonesia yg majemuk ditengah berlakunya demokrasi liberal saat ini.

Sulit saya mengurai apa saja penyebab suram nya Indonesia pasca Jokowi, 2024 nanti. Terlalu banyak variabel yg harus diurai disini, dan itupun blm tentu berguna.

Hemat saya, solusi ke depan nya, ya harus Jokowi lagi. Minimal 5 tahun lagi.. Mekanisme konstitusinya tersedia jika mau digunakan, untuk maksud ini bisa terwujud..

Terlalu besar resiko dan akan terlalu banyak tragedi di Indonesia, jika kepemimpinannya tidak seperti Jokowi skrg ini..

Periode 2024-2029 adl periode kaderisasi yg mutlak. Selain mematangkan banyak calon pemimpin pengganti yg setipe dgn Jokowi, juga menjadi periode puncak proyek-proyeks strategi nasional rampung tepat waktu dan dapat segera berdaya guna bagi rakyat Indonesia.

Tidak menutup kemungkinan, pemimpin dgn latarbelakang jenderal militer cocok menjadi pengganti Jokowi, dgn syarat tentunya. Minimal syaratnya adl punya ingtegritas hidup nya, bersih dari aroma KKN, pernah punya bukti tegas membabat paham intoleransi dan radikalisme di Indonesia. Geopolitik kawasan dalam 15 tahun ke depan, menuntut kita wajib memiliki pemimpin yg kuat, dan pengambil keputusan yg teruji.

Percaya deh… Jika 2024 Indonesia dipimpin tanpa Jokowi, masa depan Indonesia, suram…

(Sumber: Facebook Budhius Ma’ruff)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed