Indonesia Negara Besar

ilustrasi

Oleh : Buyung Kaneka Waluya

Sejarah mencatat..., bahwa kita adalah bangsa yang besar..., dan tentunya jelas mempunyai DNA sebagai bangsa besar.

Indikatornya dapat kita ambil contoh dari dunia industri..., yang keberadaannya membutuhkan proses yang panjang dan sumberdaya yang besar.

Di bawah ini adalah indikator kita sebagai bangsa besar..., dengan melihat fakta keberhasilan kita di bidang industri....:

1. Indonesia adalah 1 dari hanya 7 negara di dunia..., yang mampu membuat pesawat terbang sendiri.

Dimulai dari program under-license dari Bell dan MBB untuk produk rotary wing..., kemudian berlanjut dengan joint-development dengan CASA untuk pesawat CN-235 yang terjual ke 22 negara..., sampai secara mandiri menghasilkan pesawat N-250..., pesawat tercanggih di kelasnya pada jamannya.

2. Indonesia adalah 1 dari 4 negara Asia..., yang mampu merancang dan memproduksi kapal selam.

Kapal selam buatan putra-putri Indonesia di PT PAL..., Alugoro.., belum lama ini peluncurannya diresmikan oleh Presiden Jokowi.

3. Indonesia mampu membuat secara mandiri kereta api berbagai kelas.

INKA menguasai teknologi lokomotif..., MRT..., LRT…, dan sudah dalam level ekspor ke beberapa negara asing.

Dalam beberapa tahun lagi..., Indonesia akan mempunyai KA super cepat yang menghubungkan kota Jakarta dan Bandung...., yang nantinya bisa ditempuh dalam waktu kira-kira 45 menit.

4. Indonesia akan menjadi negara yang menguasai dari hulu ke hilir teknologi baterai bebasis nikel..., yang menjadi sumber tenaga kendaraan listrik.

Pabrik nikel Morowali..., adalah salah satu yang terbesar di dunia.

5. Dengan bekal industri nikel..., Indonesia juga mempunyai posisi sangat strategis sebagai negara produsen kendaraan listrik (kapal..., kereta api..., truk..., bus..., mobil..., sepeda motor).

Pasar Indonesia secara umum..., adalah no 7 dunia.

Era baru mobil listrik..., adalah kesempatan Indonesia untuk menjadi pemain kelas dunia.

6. Indonesia akan menjadi negara produsen (sekaligus konsumen) bio-diesel berbasis minyak kelapa sawit..., dengan teknologi yang secara mandiri dikembangkan anak bangsa.

Itulah bukti-bukti yang menunjukkan..., bahwa bangsa kita mempunyai DNA bangsa besar..., cuma kita saja yang kurang mengelolanya.

Tidak ada yang gampang dari pendirian dan pengelolaan dari kesemua industri di atas.

Kita membutuhkan sosok-sosok pemimpin (di pemerintahan..., industri..., dan korporasi)..., yang spiritnya setara dengan DNA bangsa Indonesia sebagai bangsa besar.

Kita mendambakan pemimpin yang berani dan tegas..., terkait dengan semangat menjaga kebesaran Indonesia....; yaitu pemimpin yang...:

7. Berani dan tegas menghentikan mafia yang menghambat tumbuhnya industri dalam negeri di seluruh lini (dari industri pertahanan..., oil & gas..., transportasi..., infrastruktur..., dan lain-lain).

Ada kapital dalam jumlah ribuan trilyun...., yang bisa diselamatkan dan digunakan sebagai pembiayaan pengembangkan industri berbasis inovasi secara mandiri..., sebagai bekal pertumbuhan ekonomi Indonesia.

8. Berani dan tegas mengikis sifat intoleransi..., dan konsisten dalam menumbuhkan semangat kebangsaan..., bersatu dalam keberagaman.

9. Mempunyai tekad menegakkan asas meritokrasi..., serta mengkikis feodalisme dan spirit primordial (suku..., ras..., dan agama).

Memang bangsa yang besar..., hanya tumbuh dari mind-set yang besar.

Rahayu

Monday, February 24, 2020 - 09:00
Kategori Rubrik: