Indonesia dan Bejana Berhubungan

Oleh: Fajar Santoso Hutahaen

 

Penampang (A1) atau GDP USA jauh lebih luas dibandingkan luas penampang Indonesia (A2).

Densitas atau perekonomian USA lebih solid dibandingkan INA. Selain lebih solid, cairan berwarna biru tersebut lebih heterogen dibandingkan Indonesia, kekuatan ekonomi amerika ditopang oleh asset infrastruktur yang kuat dan produktivitas di beragam sektor. Sementara indonesia lebih homogen dan variasi sektor andalannya masih sedikit terutama di bidan jasa dan manufaktur. Selain lebih homogen, tingkat volatilitas dan kestabilannya lebih rendah, apalagi masih banyak kebocoran, gangguan dari kotoran cairan seperti oknum2 gerakan radikal yang masih tumbuh subur, koruptor dll. Sedikit saja gangguan terhadap lingkungan bejana akan berpengaruh besar terhadap cairan merah. Peningkatan temperatur di luar bejana akan berdampak lebih besar terhadap karakterisik cairan merah. Sedkit saja gangguan keamanan dan ekonomi global akan menyebabkan tekanan terhadap perekonomian indonesia lebih besar.

 

 

Demikian juga hubungan dagang atau kerjasama USA-INA. Sebagai contoh, sedikit perubahan nilai tukar dollar terhadap rupiah, akan sangat besar pengaruhnya terhadap kinerja ekspor indonesia. Nilai tukar rupiah yang menguat tidak akan terlalu besar pengaruhnya terhadap US, tapi berpengaruh besar terhadap penurunan ekspor indonesia khususnya produk ekspor yang bahan bakunya asli indonesia. Nilai tukar rupiah yang melemah, akan meningkatkan ekspor indonesia, namun akan menurunkan produksi yang komponen bahan bakunya berasal dari impor.

Dan jika masih ada orang indonesia yang hanya melihat satu aspek, misalnya ekspor dan impor, sebagai ukuran perekonomian indonesia, kemungkinan pertama adalah orang itu tidak mengerti bagaimana perekonomian berjalan. Kemungkinan kedua, orang tersebut memiliki kapasitas dan kapabilitas tetapi sengaja tidak mau paham dan mengerti. Oknum jenis kedua ini termasuk zat pengotor di cairan warna merah.

Apa yang dilakukan oleh pemerintahan Jokowi sudah diarah yang benar, membuat penampang A2 lebih luas, membuat perekonomian lebih solid dan heterogen, dan membuang zat2 pengotor . Penampang diperluas melalui investasi masif di bidang infrastruktur. Melalui infrastruktur dapat didorong diversifikasi sektor perekonomian, misalnya pariwisata, jasa pengangkutan, industri pengolahan dll, untuk membuat sektor lebih beragam. Divesifikasi tersebut juga didukung kebijakan pemangkasan birokrasi dalam upaya pengembangan investasi yang akan membuat perekonomian lebih solid. Upaya lain lagi dalam meningkatkan soliditas adalah menciptakan stabilitas keamanan, misalnya pembangunan kawasan perbatasan, termasuk pencegahan dan pemberantasan radikalisme.

 

(Sumber: Facebook)

Friday, February 16, 2018 - 05:45
Kategori Rubrik: