Iklan Pencapaian Pemerintah (Yang Bikin Galau Oposan)

Oleh : Wahyu Sutono

Iklan pemerintah di bioskop yang menampilkan pembangunan bendungan di era Presiden Joko Widodo menjadi sorotan. Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan iklan tersebut nerupakan iklan layanan masyarakat yang tidak ada sangkut-pautnya dengan kampanye.

"Sebagai humas pemerintah, Kementerian Komunikasi dan Informatika selalu berupaya menyampaikan program, kebijakan, kegiatan dan capaian, baik yang sudah, sedang, dan akan dilakukan pemerintah kepada publik melalui berbagai saluran yang tersedia. Termasuk melalui iklan layanan masyarakat," kata Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo, Ferdinandus Setu.

Ferdinandus mengatakan, pihaknya menjalankan tugas government public relation sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008, Peraturan Presiden No 54/2015, dan Inpres No 9/2015.

"Penayangan iklan layanan masyarakat di bioskop dipilih sebagai salah satu kanal karena dinilai tepat sasaran mengingat jumlah penontonnya terukur. Pengelola bioskop memang menyediakan ruang untuk iklan sebelum penayangan sebuah film," imbuhnya.

Iklan yang ditayangkan di bioskop memperlihatkan proses pembangunan sejumlah bendungan di Tanah Air. Video lalu ditutup dengan kutipan dari Presiden Jokowi.

"Membangun bendungan akan menjamin produksi pangan kita di masa depan karena kunci ketahanan pangan adalah ketersediaan air," ujarnya.

Sebelumnya, iklan tersebut sempat menuai sindiran dari sejumlah warganet karena dianggap mengganggu. Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan oposan lainnya bahkan meminta iklan tersebut dicopot karena mengganggu.

"Salam NKRI gemilang untuk yang panik"

 

Sumber : facebook Wahyu Sutono

Friday, September 21, 2018 - 14:45
Kategori Rubrik: