Homo Homini Lupus

ilustrasi

Oleh : Riza Iqbal

Quotes 'Orang Jahat Terlahir Dari Orang Baik Yang Tersakiti' sepertinya sebuah penggiringan pemakluman degradasi sikap manusia yg tadinya baik menjadi jahat. Pemahaman yg ingin dianggap wajar jika orang baik akan berbuat jahat jika disakiti. Permisivisme.

Orang yg mengalami degradasi sikap ini adalah orang yg meyakini baik/buruk hanya berdasarkan keyakinan individual, bukan berdasarkan penilaian sosial. Bagi mereka, perbuatan buruk yg dilakukan adalah tindakan wajar jika lingkungan tidak adil atau tidak sesuai keinginannya.

Lihat saja sejarah Ibnu Muljam, setelah memeluk agama Islam, tidak ada yg menyakitinya. Dirinya justru merupakan seseorang yang sangat istimewa bagi Umar bin Khatab karena kemampuannya sebagai ahli al-Quran juga ahli fikih, dan dia juga merupakan orang yang rajin beribadah.

Dia diberi kepercayaan oleh Umar bin Khatab untuk mengajar al-Quran di masjid. Bahkan, agar memudahkan ia mengajar al-Quran di masjid, Umar bin Khattab memerintahkan Amr bin Ash untuk memperluas rumah Ibnu Muljam agar lebih dekat ke masjid agar ia mengajar al-Quran dan fikih di sana.

Awalnya, Ibnu Muljam juga merupakan salah satu pendukung Ali bin Abi Thalib. Bahkan dia ikut berperang bersama Ali dlm perang Jamal. Da juga pergi ke Kufah untuk mengikuti perang Siffin antara kelompok Ali bin Abi Thalib dengan kelompok Muawiyah.

Namun saat perang siffin berakhir, dan disepakati arbitrase antara Ali dan Muawiyah, Ibnu Muljam menyatakan ketidak setujuannya. Ia berpendapat, dengan mengutip al-Quran, bahwa kesepakatan yang dilakukan oleh Ali bin Abi Thalib dan Muawiyah tidak sesuai dengan tuntunan al-Quran dan Rasul SAW.

Inilah keyakinan individual yg diyakini Ibnu Muljam tanpa memperdulikan pandangan pihak lain. Sebuah keyakinan diri yg tidak lagi melihat baik atau tidaknya suatu masalah. Dengan mengutip Jargon terkenal khawarij “lā hukma illa Allah” (tidak ada hukum yang harus ditaati kecuali hukum Allah), dia mencoba mendoktrin orang lain agar mengikuti keyakinan individualnya.

Orang2 seperti Ibnu Muljam atau Arthur Fleck (film Joker) akan mengutip kalimat2 untuk mendukung keyakinan individualnya tersebut. Kutipan kalimat itu bisa diambil dari kitab suci atau dari rangkaian kata yg disusun sedemikian rupa agar orang lain diharapkan bisa memaklumi tindakan2 jahat mereka dan jika perlu mendukung tindakan itu.

Seperti Yin & Yang, setiap manusia punya sisi baik dan buruk tapi jika keyakinan individual yg dikedepankan secara mutlak maka manusia akan menjadi serigala bagi manusia lainnya, Homo Homini Lupus.

~TYVa~

Sumber : Status Facebook Riza Iqbal

Thursday, October 10, 2019 - 10:45
Kategori Rubrik: